top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

YUK MULAI IKUTI POLA HIDUP SEHAT DARI SEKARANG! INI DIA CARA NYA!


Sumber : Unsplash – Brooke Lark




Jakarta - Hidup sehat bukan hanya mengatur pola makanan saja, tetapi kualitas fisik dan mental juga mempengaruhi. Tidak semua orang yang selalu makan makanan sehat berarti hidup nya sudah mengikuti pola hidup sehat. Ada faktor – faktor lainnya juga. Semakin kamu benar – benar menjalani pola hidup sehat , semakin produktif juga loh hari – hari kamu.

Ini dia panduan – panduan jika kamu ingin memulai pola hidup sehat yang benar.

1. Hindari stress

Mengahadapi kemacetan, tugas atau kerjaan yang banyak dan berat, keuangan yang tidak stabil, hubungan asmara yang sedang tidak bagus dan juga berbagai masalah – masalah hidup lainnya yang akan membuat kamu stress. Saat Anda merasa stres, semua sistem dalam tubuh Anda akan meresponnya dengan cara yang berbeda-beda. Stres yang bersifat kronis dapat berdampak pada kesehatan Anda secara keseluruhan. Berusahalah sebisa mungkin untuk mengurangi atau bahkan menghindari segala hal yang bisa membuat kamu stress.

Jika kamu sedang merasa tertekan atau stress sebaiknya cobalah untuk menenangkan diri kamu dengan cara yang sekira nya kamu butuhkan. Bisa dengan refreshing, Baik itu hangout bersama teman – teman kamu, shopping, liburan ataupun hal – hal lainnya yang bisa membuat kamu bisa menghilangkan penat atau fikiran yang menjadi beban kamu. intinya Buatlah diri kamu merasa nyaman dengan cara yang kamu senangi. Jangan terlalu dibawa stess di dalam hidup ini.

2. Memilih makanan yang tepat

Apa yang kamu makan tentunya akan memengaruhi bagaimana tubuh kamu bekerja.maka dari itu sangat penting untuk memperhatikan makanan yang akan kamu konsumsi setiap harinya.

Pastikan makanan kamu memenuhi prinsip gizi seimbang, yang mencangkup karbohidrat, serat, protein, dan lemak baik. Jangan hanya bergantung dengan satu jenis makanan pokok saja. Anda bisa mengganti makanan pokok dengan jagung, mi, ubi, atau kentang. Tidak harus nasi terus.

Perhatikan juga porsi makan kamu. Memerhatikan porsi makan sangatlah penting untuk mencegah kamu mengalami kegemukan dan terserang berbagai penyakit kronis. apapun yang berlebihan tentu tidak baik untuk tubuh. Dan juga jika kamu berlebihan makanan kamu bisa terserang obesitas loh.

Kalau bisa Hindari mengolah makanan dengan cara digoreng. Karna makanan yang digoreng tidak bagus dikonsumsi jika kamu sedang menjalani pola hidup sehat. Kamu bisa mengolah makanan dengan cara yang lebih sehat, seperti direbus, dikukus, atau ditumis. Dan jangan lupa perbanyak minum air putih dan kurangi makanan yang manis – manis atau makanan ataupun minuman yang kadar gula nya tinggi ya.

3. Rutin Olahraga

Olahraga tidak harus selalu jogging atau pergi ke gym. Kamu bebas melakukan berbagai jenis olahraga yang memang kamu sukai. Bisa berenang, workout dirumah , bermain bulu tangkis, basket dan masih banyak olahraga – olahraga lainnya. Intinya buatlah tubuh kamu aktif bergerak setiap hari.

Dengan aktif bergerak, tubuh kamu akan berusaha untuk membakar kalori yang mengendap di tubuh. Hal ini juga dapat membantu mengalirkan lebih banyak oksigen ke dalam sel-sel tubuh dan menjaganya tetap sehat. Biasanya jika setelah olahraga atau melakukan aktivitas fisik pasti kamu jadi merasa lebih bugar dan fresh.

Buat kamu yang pekerja kantoran yang mungkin tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas fisik sederhana guna memastikan tubuh kamu tetap bergerak. Kamu bisa juga meluangkan waktu sedikit pada pagi hari sebelum berangkat kerja ataupun pulang kerja untuk workout sederhana, banyak gerakan – gerakan yang kamu bisa ikuti di youtube ataupun aplikasi di handphone untuk olahraga.

Dengan perubahan kecil dalam rutinitas sehari-hari bisa membantu kamu menjadi lebih aktif berolahraga. Dengan begitu kamu bisa menerapkan pola hidup sehat yang baik dan benar.

4. Gunakan waktu yang cukup untuk tidur

Menurut Cheri Mah, seorang pakar masalah gangguan tidur di Stanford University dan University of California, tidur adalah kebutuhan paling mendasar untuk menuju pola hidup sehat.

Tidur menjadi sebuah fondasi di mana pikiran dan tubuh yang sehat terbentuk. Jika fondasi ini goyah, tentunya akan berdampak pada kesehatan Anda. Mulai dari fungsi kekebalan tubuh, energi, selera makan, suasana hati hingga berat badan Anda.

Menurut National Sleep Foundation, durasi tidur yang ideal bagi orang dewasa sekitar 7-9 jam per malam. Jadi, pastikan kalau setiap malam Anda tidur setidaknya 7-9 jam. Jika kamu begadang hingga larut malam pastinya aktivitas yang akan kamu lakukan dikeesokan harinya menjadi bisa tidak produktif, bahkan saat kamu bangun kamu akan merasa tidak fresh.



Sumber : Umum, d., & Swari, R. (2020). 7 Langkah Sederhana Memulai Pola Hidup Sehat • Hello Sehat. from https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/tips-pola-hidup-sehat/

1 view0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page