top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

NAH INI DIA MANFAAT YOGA UNTUK KAMU YANG SEDANG STRESS!


Sumber : Pexels – Li Sun

Jakarta – Yoga tidak hanya untuk merelaksasikan tubuh kamu saja loh. Jika kamu sedang banyak fikiran , pekerjaan menumpuk, sedang stress dan lain – lainnya kamu bisa mencoba beberapa gerakan Yoga yang akan membantu kamu.

Salah satu cara bantu hilangkan stress bisa dengan yoga. Olahraga ini dinilai bisa membantu menghilangkan depresi ataupun stress yang dialami. Gerakan-gerakan ini diambil dari pose yoga yang memang merupakan olahraga untuk ketenangan jiwa.

Yoga melingkupi meditasi, teknik kontrol pernapasan dan latihan untuk menjaga kesehatan. Gerakan-gerakan yoga inilah yang juga merupakan cara paling baik untuk mengatasi stress.

Berikut ini gerakan yoga yang dapat membantu hilangkan stress, Mari kita simak!


1. Marjayasana (Pose Kucing)


Marjayasana disebut juga pose kucing karena memang posenya menirukan pose kucing. Pose ini cocok untuk mengatasi stres dengan cara mengatur fleksibilitas tulang belakang serta membentuk otot perut.


Kamu dapat melakukannya dengan posisi merangkak terlebih dahulu, lalu kedua lutut ditekuk dengan tungkai mengarah ke luar. Setelah itu, hembuskan napas dan lengkungkan punggung ke arah atas, dan tundukkan kepala dalam-dalam, dengan memastikan dagu tidak menyentuh dada. Tahan posisi ini selama 30 detik dan kembali ke posisi awal. Ulangi sampai 5-6 kali. Pose ini juga sangat efektif untuk menyembuhkan nyeri perut bulanan saat menstruasi, selain mampu mengatasi masalah stres.

2. Balasana (Pose Anak)


Pose yang sering disebut juga sebagai pose anak ini dapat dibilang sebagai pose yang paling membuat rileks. Pose ini membuat kita dapat menenagkan pikiran dan mengisi tubuh kita dengan energi.


Cara melakukannya adalah dengan duduk pada alas yoga dengan posisi berlutut dan letakkan bokong di atas telapak kaki. Kemudian, secara perlahan bungkukkan tubuh, tempelkan perut ke paha dan biarkan kening menempel pada alas yoga.

Letakkan tangan kamu di atas kepala, lalu tahan 30 detik sampai 1 menit. Bernapaslah seperti biasa dan kembali ke posisi awal. Lakukanlah sampai 3-4 kali.


3. Uttanasana


Pose yoga uttanasana ini dilakukan dengan berdiri sambil melipat tubuh. Pose ini sangat ideal untuk mengurangi rasa stress kamu. Hal ini Dapat dilakukan dengan berdiri dengan kaki rapat dan lengan di kedua sisi tubuh. Angkat tanganmu ke atas kepala sambil menghirup napas, lalu tekuk badanmu ke depan sambil membuang napas. Selanjutnya, sentuh lantai dengan kedua tangan, usahakan agar kaki tidak tertekuk. Setelah menahan posisi ini selama 30 detik dengan napas normal, kembali ke posisi awal. Ulangi pose ini 5-10 kali.


Pose uttanasana ini juga memiliki manfaat-manfaat lainnya seperti membantu mengembalikan fungsi sistem saraf dengan meningkatkan suplai darah ke seluruh tubuh, membantu menarik dan melemaskan tulang belakang agar bisa lebih fleksibel, dan membentuk otot-otot perut dan organ dalam sehingga bisa mejadi alternatif juga untuk menguruskan badan.

Penulis : Cut Zahra

Sumber : Abdi, H. (2020). 5 Gerakan Yoga Sederhana Ini Bantu Hilangkan Depresi, Bisa Dilakukan di Rumah, from https://hot.liputan6.com/read/3931087/5-gerakan-yoga-sederhana-ini-bantu-hilangkan-depresi-bisa-dilakukan-di-rumah

0 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page