top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

LANGKAH CEPAT UNTUK BANGKIT DARI KEGAGALAN!


Sumber : Pinterest – Andrea P

Jakarta - Gagal pasti pernah dihadapi oleh semua orang. Yang menjadikan pembeda ialah, bagaimana masing-masing menyikapi kegagalan tersebut. Ada yang merutuki keadaan sambil mencari-cari alasan, ada pula yang bangkit dan menjadikan pengalaman gagal sebagai pijakkan untuk tidak jatuh pada lubang yang sama.

Bagi yang bangkit, cara mereka untuk bangkit dari kegagalan dan kembali menatap masa depan merupakan salah satu kunci. Sikap seperti itu bisa dipelajari, bisa dibiasakan.

berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk berdamai dengan kegagalan dan menjadikannya tumpuan untuk bangkit:


1. Boleh kecewa dan marah

Rasa marah dan kecewa merupakan hal wajar saat kamu mengalami kegagalan. Kegagalan kamu bisa disebabkan oleh kesalahan orang lain juga.

Kamu bisa mengeluarkan semua rasa marah dan kecewa yang ada di hati, entah dengan menangis ataupun dengan cara lainnya. Gunakan waktu sebaik-baiknya untuk mengeksplorasi perasaan kamu. Rasakan secara nyata dan tanyakan pada diri, mengapa kamu marah. Tidak perlu buru-buru mengambil keputusan saat kamu marah atau kecewa. 


2. Belajar rasional pada fakta

Seiring berjalannya waktu berlalu, rasa kecewa dan marah pun lenyap. Saatnya kamu melihat kegagalan dengan lebih rasional. Kamu bisa menuliskan apa saja yang terjadi akhir-akhir ini, termasuk pengalaman kegagalanmu. 

Dari sini kamu bisa belajar mengantisipasi kegagalan. Seandainya, kemungkinan kamu menghadapi kondisi yang sama di masa depan. Kamu akan mengambil keputusan yang berbeda dari apa yang telah kamu lakukan saat mengalami kegagalan.


3. Meningkatkan kepekaan pada kegagalan

Sekecil apapun keputusan yang Anda ambil, pasti ada konsekuensinya. Dari sini, Anda akan lebih peka untuk mendeteksi potensi kegagalan.

Setiap pilihan yang kamu ambil, pasti juga akan berujung pada hasil yang berbeda. Dengan mengalami kegagalan pada hari ini, kamu bisa menghindarinya di lain kesempatan. Solusinya, harus ada kepekaan diri. Terkadang ada orang yang telah gagal berkali-kali, tetapi tidak bisa mengambil pembelajaran dari pengalaman tersebut. 


4. Latih ketabahan

Sikap tabah adalah satu cara sukses untuk bangkit dari kegagalan. Meskipun setiap orang memiliki pribadi yang berbeda – beda, tetapi sikap ini bisa dilatih. Setelah mengetahui apa saja hal yang membuat kamu gagal, kamu harus membuat target baru.

Cari cara untuk memotivasi diri dan segera bangkit dari keterpurukan. Ingat saja bahwa kamu masih punya harapan untuk sukses dan tentu butuh waktu untuk meraihnya.

5. Segera bangkit dari kegagalan

Tidak cukup sekali, banyak orang sudah mengalami berbagai kegagalan dalam meraih target. Dan perlu diakui, bangkit dari kegagalan adalah hal yang sulit. Tetapi kamu harus tetap berjuang untuk bangkit.

Ingat, bahwa kamu berhak untuk memulai hidup dari awal. Baik itu dalam karier, hubungan, maupun menjalin hubungan dengan keluarga yang sudah lama sekalipun. Kamu harus tetap menjalani hidup, meski banyak hal buruk telah terjadi. Nikmati setiap prosesnya, agar kamu bisa menerima kenyataan dan segera bangkit dari keterpurukan. 


6. Kegagalan adalah guru yang terbaik

Tidak perlu takut jika kita mengalami kegagalan, Kenapa? Karena kegagalan bisa menjadi guru yang terbaik untuk kita. Pengalaman kegagalan kita bisa menjadi pembelajaran untuk kedepannya. Kita bisa memperbaiki kegagalan kita dengan cara tidak melakukan hal yang sama dengan kegagalan yang pernah terjadi.

Penulis : Cut Zahra

Sumber : Wahyuni, N. (2020). Lakukan 7 Cara Ini agar Cepat Bangkit dari Kegagalan. from https://www.liputan6.com/bisnis/read/3579896/lakukan-7-cara-ini-agar-cepat-bangkit-dari-kegagalan

0 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page