top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

5 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Secara Alami


Sumber : Pexels.com – Quang Anh Ha Nguyen

Jakarta – Menjaga pola kesehatan dan meningkatkan kesehatan imunitas tubuh sangatlah penting, apalagi di tengah pandemi corona atau Covid-19 seperti saat ini. Memperkuat dan menjaga kekebalan tubuh dapat dilakukan dengan mengubah pola makan dan gaya hidup yang lebih sehat. Sistem imunitas atau daya tahan tubuh secara sederhana dapat dipahami sebagai sistem kerja tubuh untuk melawan penyakit. Sistem ini akan melindungi tubuh dari serangan organisme atau kuman yang dapat menyebabkan penyakit. Pada dasarnya, sistem imun tubuh secara normal dapat bekerja sangat efisien dalam menghadapi musuh tersebut.


Akan tetapi, saat sistem imun ini dalam kondisi lemah, tubuh pun akan mudah terserang penyakit. Oleh sebab itu, agar tumbuh kembali kebal terhadap penyakit, sistem imun harus perlu dijaga dan ditingkatkan. Lalu, bagaimana cara untuk meningkatkan imunitas tubuh secara alami? Berikut ini terdapat 6 caranya, yuk kita simak!


1. Tidur Cukup

Tidur dan kekebalan tubuh memiliki keterikatan yang erat. Faktanya, kualitas tidur yang tak memadai atau buruk dikaitkan dengan kerentanan yang lebih tinggi terhadap penyakit. Istirahat yang cukup dapat memperkuat kekebalan alami Anda. Selain itu, Anda dapat tidur lebih banyak saat sakit untuk memungkinkan sistem kekebalan tubuh melawan penyakit dengan lebih baik.


2. Mengonsumsi makanan berserat dan mengandung antioksidan

Makanan antioksidan sangat diperlukan untuk mengangkat radikal bebas yang ada dalam darah yang bisa menekan daya tahan tubuh. Agar bisa mengasup antioksidan dalam jumlah cukup, Anda dianjurkan untuk rutin mengonsumsi buah-buahan dan sayuran bewarna-warni, misalnya: Kiwi, Jeruk, Apel, Anggur, Sayur-sayuran, hijau, Wortel, dan Bayam.


3. Mengonsumsi makanan kaya akan vitamin dan mineral.

Kekuatan imunitas secara menyeluruh tergantung pada pasokan vitamin dan mineral yang optimal, terutama: Vitamin A sebagai pendongkrak pertahanan tubuh dengan cepat Vitamin B kompleks di mana vitamin B6 yang berfungsi sebagai T Cell sangat memengaruhi produksi antibodi penting untuk mengatasi setiap infeksi Vitamin C sebagai nutrisi utama peningkat imunitas atau masker immune-boasting nutrient yang membantu sel-sel imunitas menjadi dewasa, meningkatkan performa antibodi, dan antibakteri.


4. Olahraga teratur .

Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga selama 30 menit setiap hari akan meningkatkan kadar leukosit sel darah tanpa warna yang berfungsi, antara lain untuk: Membinasakan bakteri yang memasuki tubuh Meningkatkan kekebalan tubuh Meningkatkan respons antibody.


5. Berjemur.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin RSUD Dr. Moewardi Surakarta itumenjelaskan paparan ringan sinar matahari terutama pada jam tertentu seperti antara pukul 08.00-09.00 WIB atau pukul 11.00-13.00 WIB, dapat meningkatkan produksi vitamin D yang juga bermanfaat untuk kekebalan tubuh.

Itu dia cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan tubuh yang sehat dengan meningkatkan imun tubuh yang sehat secara alami. Cara diatas sangat simpel dan bisa kalian lakukan ketika menjalani aktivitas sehari-hari.










Penulis : Stella Bella

Sumber : Media, K. (2020). 10 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Halaman all - Kompas.com. Retrieved 18 August 2020, from https://health.kompas.com/read/2020/04/25/193100668/10-cara-meningkatkan-daya-tahan-tubuh?page=all. Elmira, P. (2020). 9 Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Secara Alami. Retrieved 18 August 2020, from https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4221534/9-cara-meningkatkan-imunitas-tubuh-secara-alami.

0 views0 comments

コメント


Post: Blog2_Post
bottom of page