top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

WANITA HARUS HINDARI KEKERASAN!


Sumber : Pinterest - Ehow

Jakarta – kekerasan pada wanita bisa terjadi dimana saja, oleh siapa saja dan kapan saja. Tidak tahu pasti kapan akan terjadinya dan juga bisa menjadi korban dari salah satu orang terdekat kita. Agar para wanita terhindar dari kekerasan yang dilakukan oleh pelaku, mungkin beberapa tips ini akan sangat bisa membantu kamu loh.

Beberapa tips berikut ini bisa membantu menghindari dan mencegah kekerasan pada wanita. Mari kita simak yuk!

1. Pahami bentuk kekerasan

Pertama kali yang mesti para wanita lakukan adalah memahami segala bentuk kekerasan yang dapat terjadi. Psikolog Mira Amir meminta, baik perempuan ataupun laki-laki, mengetahui bentuk kekerasan itu agar dapat mengetahui batasan-batasan saat berperilaku di tengah masyarakat. Menurut Deklarasi Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan, kekerasan pada perempuan meliputi segala bentuk kekerasan fisik, psikis, ekonomi, dan seksual. Dengan memahami bentuk kekerasan ini, seseorang dapat lebih waspada dan mengetahui segala bentuk ancaman yang akan menimpanya. Jadi kamu para ladies harus paham betul mengenai bentuk – bentuk kekerasan ini ya!

2. Pahami hubungan yang sehat

Sebagian besar kekerasan terhadap perempuan terjadi pada ranah personal/privat. Yang Artinya, pelaku adalah orang yang memiliki hubungan darah, kekerabatan, perkawinan, maupun relasi intim seperti pacar. Hubungan yang sehat merupakan hubungan yang saling menghargai dan menghormati, Memahami bentuk hubungan yang sehat pada keluarga dan kekasih merupakan kunci terhindar dari kekerasan. Jika mulai menunjukkan tanda-tanda yang tidak wajar, tingkatkan kewaspadaan atau segera cari pertolongan dari orang – orang terdekat ataupun pihak berwajib.

3. Waspada pada perubahan

Orang terdekat kamu kerap menjadi pelaku kekerasan terhadap perempuan. Oleh karena itu, waspadalah pada perubahan sikap yang mencurigakan. Jika sedang berada di tempat umum, selalu amati kondisi di sekitar kamu dan tetaplah waspada. Tidak menutup kemungkinan juga kamu bisa diikuti meskipun sedang di tempat umum.

4. Hindari lokasi berbahaya

Menghindari lokasi yang berbahaya seperti tempat yang sepi dan rawan kejahatan juga bisa menurunkan risiko kekerasan pada perempuan. Hindari pula pulang larut malam karena semakin meningkatkan risiko kejahatan. Jika ingin pulang malam sebaiknya kamu ada yang menemani.

5. Pribadi yang kuat

Membentuk pribadi yang kuat dan sehat merupakan salah satu cara agar terhindar dari kekerasan. Psikolog Mira mengatakan, orang tua dan guru memiliki peranan penting untuk mendidik serta mengedukasi anak perempuan dan laki-laki agar tidak terjerumus pada kekerasan baik sebagai pelaku atau korban.

Penulis : Cut Zahra

0 views0 comments

Comentários


Post: Blog2_Post
bottom of page