top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

TIPS CARA MENGATASI STRESS DAN DEPRESI


Sumber Foto: Pexels

Jakarta – Stress disebabkan oleh adanya tekanan yang tidak menyenangkan berasal dari luar atau lingkungan, dan juga ekspektasi dari dalam diri yang terlalu tinggi juga dapat membuat stres dan depresi yang terlalu banyak. Proses terjadinya stres karena otak memberikan tanda kepada tubuh untuk melepaskan banyak hormon setelah menghadapi suatu situasi tertentu. Stres dapat memicu terjadinya kondisi depresi. Depresi akibat stres berlebih, dapat mempengaruhi fungsi mental, bahkan motorik seseorang. 

Namun, Anda perlu berhati-hati karena bila kita sudah mengalami stress bisa jadi akan menderita menjadi depresi. Terdapat kutipan “Sebenarnya saat kita merasa tertekan dan mengalami gejala-gejala stres, konseling akan membantu meringankan,” kata dr. Surjo Dharmono, ahli kedokteran jiwa dari FKUI-RSCM. Bahkan pada beberapa kasus, depresi bisa muncul tanpa didahului oleh stres. Sehingga, stres secara terus-menerus bisa dapat terjadi dan membuat tubuh menjadi lelah. Akibatnya seseorang akan sulit untuk berpikir, sehingga akan menyebabkan interaksi sosial, kualitas hidup, dan kesehatan orang tersebut akan mengalami kesulitan. Oleh karena itu, penting bagi anda mengetahui cara menangani stres, agar tubuh selalu memberikan respon yang baik dan positif pada banyak situasi yang datang. Berikut ini beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam menagatasi stres dan depres :


1. Rileks dan tarik nafas Duduklah di kursi yang nyaman, coba tarik nafas dalam berkali kali, sampai tubuh Anda menjadi lebih rileks. Hilangkan sejenak pikiran tentang masalah- masalah, dan berpikir positif. 2. Komunikasi Melakukan komunikasi atau berbicara hingga berbagi cerita tentang permasalahan atau beban hidup kepada seseorang sangat baik untuk mengurangi beban yang dialami

3. Mandi atau berendam Mandi atau berendam memiliki efek yang baik untuk mengatasi stres karena dipercaya ampuh untuk memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi tubuh dan pikiran. 4. Olahraga Lakukanlah olahraga pada tubuh Anda agar pikiran menjadi lebih fresh, dan stamina tubuh tetap terjaga. Dengan tubuh yang segar kembali, pikiran Anda juga akan lebih terbuka, membuat semangat beraktifitas dan siap menghadapi stres dengan baik. 5. Berlibur Cobalah untuk pergi berlibur, Lihatlah lingkungan yang lebih luas dan area terbuka, dengan begitu Anda akan terdistraksi dari penatnya aktivitas harian penyebab stres dan depresi. Setelah pergi berlibur, stres akan lebih berkurang dan pikiran akan lebih bahagia.

6. Berteriak Melepaskan perasaan tidak mengenakkan itu dapat dilakukan dengan berteriak. Cobalah pergi berteriak ketempat yang luas dan sepi, atau disaat sendirian. Berteriak dapat dilakukan beberapa kali agar seseorang menjadi lebih rileks.

7. Tidur Tidur merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk menghilangkan stres yang dapat meningkatkan produktivitas. beristirahatlah atau tidur minimal selama 7 jam yang dilakukan setiap hari mampu mengurangi rasa cemas pemicu stress dan depresi.

8. Tertawa Tertawa ternyata membawa efek yang sangat baik untuk menghilangkan stres. Menurut beberapa penelitian, tertawa 5 hingga 10 menit dapat merangsang endorphine, serotonin dan metanonin untuk keluar. Dimana ketiga zat ini memberikan manfaat yang baik untuk otak sehingga tubuh menjadi lebih tenang.

9. Mendengarkan musik

Penelitian pada tahun 2008 yang dilakukan University of Maryland School of Medicine mengungkapkan bahwa mendengarkan musik favorit selama 30 menit mampu melepaskan zat endorphin untuk mengurangi stres dan menghilangkan rasa sakit.

Cara mengatasi stres dan depresi adalah menghindarinya yaitu dengan melakukan segala sesuatu sesuai dengan apa yang akan dibutuhkan diri kita. Cara mengatasi stress cukup mudah bukan, semoga dapat membantu anda menghilangkan beban stress dan depresi secara cepat.

Penulis: Stella Bella Elizabeth

Sumber : 28 Cara Menghilangkan Stres yang Efektif dan Mudah Diterapkan | merdeka.com. (2020). https://www.merdeka.com/sehat/cara-menghilangkan-stres-kln.html

Setiawan, d., & Anindyaputri, I. (2020). Perbedaan Stres dan Depresi, Kenali Gejalanya | Hello Sehat. https://hellosehat.com/hidup-sehat/psikologi/kenali-perbedaan-stres-dan-depresi-sebelum-terlambat/

(2020). Retrieved 22 June 2020, from https://dosenpsikologi.com/cara-mengatasi-stres-dan-depresi

2 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page