top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

TIPS 5 CARA MENJAGA KESEHATAN MENTAL YANG MUDAH DILAKUKAN


Sumber Gambar: Pexels.com – Polina Zimmerman

Jakarta – Jika kesehatan mental terganggu, maka timbul gangguan mental atau penyakit mental. Gangguan mental dapat mengubah cara seseorang dalam menangani stres, berhubungan dengan orang lain, membuat pilihan, dan memicu hasrat untuk menyakiti diri sendiri. Beberapa jenis gangguan mental yang umum ditemukan, antara lain depresi, gangguan bipolar, kecemasan, gangguan stres pasca trauma (PTSD), gangguan obsesif kompulsif (OCD), dan psikosis.


Kesehatan mental dipengaruhi oleh peristiwa dalam kehidupan yang meninggalkan dampak yang besar pada kepribadian dan perilaku seseorang. Peristiwa-peristiwa tersebut dapat berupa kekerasan dalam rumah tangga, pelecehan anak, atau stres berat jangka panjang. Jika kesehatan mental terganggu, maka timbul gangguan mental atau penyakit mental. Gangguan mental dapat mengubah cara seseorang dalam menangani stres, berhubungan dengan orang lain, membuat pilihan, dan memicu hasrat untuk menyakiti diri sendiri.berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan mental yang mudah dilakukan;

1. Ceritakan Perasaan Anda pada Orang Lain

Cara menjaga kesehatan mental yang pertama dan mudah untuk dilakukan adalah menceritakan kondisi yang Anda alami pada orang-orang terdekat. Membicarakan perasaan bukanlah tanda kelemahan, itu adalah salah satu perawatan mandiri yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi mental tetap sehat.


2. Olahraga


Cara menjaga kesehatan mental berikutnya yang mudah dilakukan namun sering terlewatkan adalah olahraga. Olahraga teratur dapat meningkatkan rasa percaya diri dan membantu Anda berkonsentrasi. Selain itu, olahraga juga menjaga berbagai organ vital di tubuh tetap sehat.


3. Memenuhi Asupan Nutrisi Tubuh


Terdapat hubungan yang kuat antara apa yang Anda makan dan bagaimana perasaan yang dialami. Kafein dan gula  adalah contoh asupan yang memiliki efek langsung. Pola diet yang baik untuk kesehatan fisik dan kesehatan mental, antara lain: buah dan sayuran, sereal gandum, kacang-kacangan dan biji-bijian, Produk olahan susu, Ikan yang berminyak, konsumsi banyak air putih.


4. Terus Berpikir Positif


Cara menjaga kesehatan mental ini sering kali terlewatkan, hal itu dikarenakan seseorang yang kondisi mentalnya terganggu sering kali tidak bisa berpikir positif. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bagaimana Anda berpikir tentang diri sendiri dapat memiliki efek yang kuat pada perasaan.


5. Tidur Tepat Waktu


Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kurang tidur memiliki efek negatif yang signifikan pada suasana hati. Cobalah tidur pada waktu yang teratur setiap hari dan praktikkan kebiasaan yang baik untuk mendapatkan tidur yang sehat. Cara menjaga kesehatan mental ini termasuk menonaktifkan semua perangkat elektronik satu jam sebelum tidur.





Nah cara diatas berbagai cara untuk menjaga kesehatan mental yang bisa kamu lakukan. Perlu diketahui, tes kesehatan mental diperlukan jika gangguan mental mengganggu aktivitas sehari-hari seperti sulit tidur, sering lelah, dan perasaan sedih secara terus menerus.semoga bermanfaat ya girls.


Penulis : Stella Bella

Sumber :

14 Cara Menjaga Kesehatan Mental (Mudah Dilakukan). (2020). from https://doktersehat.com/menjaga-kesehatan-mental/.

Kesehatan Mental - Pengertian, Gejala, Penyebab, Faktor Risiko, Diagnosis, Pencegahan, Pengobatan, Kapan Harus ke Dokter? | Halodoc.com. (2020). from https://www.halodoc.com/kesehatan/kesehatan-mental.

0 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page