top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

TERTAWA ADALAH OBAT YANG MANJUR, APAKAH BENAR?


Sumber Foto : Pexels – Andrea Piacquadio

Jakarta – Ya! Tertawa adalah obat yang manjur. Menurut Dr. Lee Berk dan Dr. Stanley Tan selaku peneliti tawa dan humor di Loma Linda University California berpendapat bahwa kita perlu tertawa sesering mungkin dan sebanyak mungkin untuk merasa menjadi lebih “baik”. Suatu perasaan dimana kita satu sama lain merasa sangat terhubung.


Berikut merupakan beberapa manfaat dari tertawa:

1. Tertawa membuat tubuh terasa lebih rileks, tertawa dapat meredakan ketenganan otot dan memberikan kelegaan pada stres dan memberikan penekanan darah yang tinggi. Tertawa juga memberikan pelakunya merasa rileks 45 menit setelah tertawa.


2. Terhindar dari sakit, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Lee Berk dan Dr Stanley Tan mengakatakan bahwa tertawa dapat meningkatkan kekebalan imun tubuh. Itulah sebabnya tertawa dapat menghindari kita dari sakit.


3. Tertawa menjaga kesehatan jantung, faktanya tertawa dapat memperlancar peredaran darah. Hal tersebut yang menyebabkan mengapa tertawa dapat menjaga kesehatan jantung.


4. Tertawa membakar kalori, hayo siapa disini yang sedang berencana untuk diet? Nyatanya tertawa juga dapat mengurangi 40 kalori dalam 10-15 menit kita tertawa! Jadi kalau kamu ingin melakukan diet jangan sering – sering galau karena angka timbangan mu ga turun ya! Karena kalau kamu galau hanya akan membuat rencana diet mu gagal!

5. Tertawa dapat meningkatkan hubungan, menurut Tami Sasson, seorang terapis kesehatan mental dan pelatih kesehatan mengatakan bahwa “Tertawa dapat menghubungkan kita dengan orang lain, yang juga mengarah pada kesehatan mental yang lebih baik," katanya. "Ketika kita berbagi kegembiraan dan koneksi dengan orang lain, kita merasa lebih baik."

Dan manfaat yang paling penting adalah dengan tertawa kamu dapat menghargai setiap peristiwa yang terjadi didalam hidupmu. Namun yang perlu kamu ingat kembali adalah jangan berlebihan ya! Nanti dikira orang bahwa dirimu adalah …..

Penulis : Gita Natasha

Sumber : Lawrence Robinson, Melinda Smith, M.A., and Jeanne Segal, Ph.D. Last updated: November 2019.

2 views0 comments

Comentários


Post: Blog2_Post
bottom of page