top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

Self Harm? AWAS BAHAYA!


Sumber : Pinterest – Bored Panda

Jakarta – Ladies! Kamu belum tau apa yang dimaksud dengan self harm? Sebenarnya hal ini sangat penting kamu ketahui, agar jika kamu masuk kedalam salah satu ciri – cirinya kamu bisa meminta pertolongan secepatnya. Self harm yaitu menyakiti diri sendiri. Self harm adalah perilaku apa pun yang dengan sengaja bermaksud menyebabkan rasa sakit atau cedera pada diri sendiri. Perilaku ini tidak selalu mengisyaratkan niat bunuh diri, tetapi lebih kepada cara untuk mencoba mengatasi rasa sakit emosional yang intens serta pikiran, perasaan, atau ingatan negatif. Menyakiti diri relatif umum dan biasanya dimulai pada masa remaja. Perilaku self harm ini adalah segala hal yang dapat dilakukan untuk menimbulkan cedera pada diri sendiri. Misalnya, menenggak racun, memukul diri sendiri, memukul dinding atau membenturkan diri sendiri, hingga menyayat tubuh.

Tidak hanya itu saja tetapi seperti tindakan minum alkohol secara berlebihan, mengendarai kendaraan dengan ugal-ugalan, dan mengonsumsi obat berlebih juga termasuk ke dalam perilaku menyakiti diri sendiri.

Orang dapat menyakiti diri karena berbagai alasan. Menyakiti diri sering kali merupakan respons untuk mengatasi pikiran yang intens dan perasaan tertekan atau sakit. Perasaan ini kadang-kadang bisa sangat sulit diucapkan sehingga orang akan menyakiti diri sendiri sebagai cara untuk melepaskan, mengendalikan, atau mengungkapkan perasaan mereka.

Menyakiti diri memberikan kelegaan jangka pendek dari rasa sakit emosional, tetapi tidak menyelesaikannya. Sebaliknya, menyakiti diri bisa menjadi kompulsif dan berbahaya, dan bisa menjadi fatal jika tidak ditangani secara tepat.

Jika memang kamu pernah melakukan self harm sebaiknya kamu cepat – cepat untuk mengatasi nya dan minta pertolongan secepatnya. Berikut cara – cara mengatasinya.

Mengatasi dan mendapatkan bantuan untuk perilaku menyakiti dirimu sendiri

- Bicaralah dengan orang yang kamu percayai - Meskipun terkadang sulit, namun itu penting. Berbicara dengan orang yang kamu percayai dapat membantu memastikan kamu aman. Mereka bisa saja anggota keluarga, teman, dokter, guru, konselor, atau layanan kontak krisis.

- Sadari ketika kamu melakukannya dan jangan menyakiti diri - Dengan mengatasi faktor-faktor mendasar yang mengarah pada menyakiti diri dan menghentikan dorongan untuk mencelakakan diri, manfaat jangka panjang dapat dicapai.

- Minta pertolongan - Dokter umum dapat membantu menemukan spesialis untuk membantu orang yang menyakiti diri, seperti psikolog atau konselor. Profesional kesehatan tersebut dapat membantumu menemukan cara yang lebih baik dan lebih aman untuk mengatasi tekanan.

Selama sesi konseling dengan psikolog atau konselor, kamu dapat belajar bagaimana berkomunikasi dan mengatasi rasa sakit. Banyak orang merasa bahwa konseling adalah hal yang sulit karena menyakiti diri sering kali dapat mengakibatkan perasaan bersalah, marah, atau malu. Penting untuk dipahami bahwa ini adalah respons emosional yang sangat umum, dan dengan membuat diri terbuka untuk konseling dapat membantu mengurangi perasaan kewalahan di masa depan. Jika kamu memiliki pikiran untuk bunuh diri, kamu harus menemui seorang profesional kesehatan atau segera menghubungi rumah sakit setempat.

Nah jadi kalian Sudah tau bagaimana pentingnya mengetahui self harm. Janganlah kamu terjebak di pemikiran yang akan merugikan diri kamu sendiri.

Sumber :

Self-harm atau Menyakiti Diri | Seribu Tujuan. (2020). from https://www.seributujuan.id/id/self-harm

2 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page