top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

PERTOLONGAN PERTAMA UNTUK BERHENTI MELUKAI DIRI SENDIRI


Sumber : Pexels.com – Michelangelo Buonarroti

Jakarta – Mencederai diri sendiri atau melukai diri sendiri (self-harm) adalah istilah yang digunakan ketika seseorang melukai atau mencederai dirinya sendiri dengan sengaja. Perilaku suka menyakiti diri sendiri biasanya dilakukan untuk melampiaskan atau mengatasi emosi berlebih yang sedang dihadapi, seperti misalnya stres, marah, cemas, sedih, benci pada diri sendiri, kesepian, putus asa, atau rasa bersalah. Hal ini juga bisa dilakukan sebagai cara untuk mengalihkan perhatian dari pikiran yang mengganggu.


Melukai diri sendiri dapat menjadi sebuah cara untuk menanggulangi tekanan yang hebat atau perasaan yang menyakitkan. Melukai diri sendiri dapat membantu mengekspresikan perasaan yang tidak dapat dijelaskan dalam kata-kata, diabaikan dari kehidupan, atau dilepaskan emosinya. Setelahnya, kamu mungkin merasa lebih baik, setidaknya untuk sesaat. Namun, ketika tekanan atau perasaan yang menyakitkan itu datang lagi, kamu akan merasakan keinginan untuk melukai diri sendiri lagi. Berikut ini pertolongan pertama atau cara untuk berhenti melukai diri sendiri :


1. Melepaskan Amarah dilakukan dengan : genggamlah es batu ditangan, pukulah benda yang aman seperti boneka, remaslah botol plastik kosong, berolahraga dan habiskan tenagamu.


2. Mencari Ketenangan atau Melepas rasa Sedih : mandi dengan air hangat atau wewangian, nyalakan lilin aroma therapi, minum minuman manis dan hangat, dengarkan musik yang menenagkan, ajaklah mengobrol hal yang menyenangkan dengan temanmu.


3. Melatih Mindfulness : berhitung mundur dari 10 ke -1, lakukan yoga atau meditasi, pelajari tehnik melatih pernapasan dengan bernapaslah perlahan-lahan tarik napas dalam-dalam dan keluarkan, lakukan perenggangan dan pelepasan otot.


4. Menghilangkan rasa Bersalah : tulis sebanyak mungkin hal-hal baik tentang dirimu, bacalah kalimat-kalimat positif dari internet atau oranglain, mengobrollah dengan orang yang peduli denganmu.


5. Mencari Fokus Baru : cobalah untuk Gym yang membutuhkan konsentrasi dan fokus, mengisi teka-teki silang, bacalah kamus dan carilah kosa kata menarik.


Itulah beberapa cara sederhana atau pertolongan pertama yang bisa dilakukanagar seseorang dapat berhenti melukai diri sendiri. Hal ini membutuhkan waktu dan terkadang kamu merasa lelah saat berjuang di tengah jalan. Terkadang, betapa kerasnya kamu mencoba, kamu tetap tidak mampu menahan perasaan kamu. Jika kamu tidak kunjung bisa berhenti melukai diri sendiri, cara terbaik yang bisa kamu lakukan adalah mencari bantuan dari orang yang kamu bisa percaya. Carilah orang yang bisa kamu ajak bicara mengenai masalah kamu dan orang yang bisa memberikan kamu bantuan yang nyata.









Penulis : Stella Bella

0 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page