top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

PERHATIKAN ANAKMU, ART DAPAT MELAKUKAN KEKERASAN!


Sumber Foto : Pexels – Flora Westbrook

Jakarta – Sebagai wanita karir memang sulit bagi kita untuk mengurus semua keperluan rumah, mulai dari mencuci, memasak, membersihkan rumah, mengurus anak dan masih banyak lagi, Banyak dari kita perlu mencari ART atau yang biasa kita sebut Asisten Rumah Tangga untuk mengurus pekerjaan rumah yang terabaikan.


Asisten rumah tangga kini menjadi salah satu faktor penting untuk meringankan segala pekerjaan rumah. Sayangnya, kepercayaan yang diberikan kepada ART untuk mengurus anak seringkali dirusak.


Bulan Januari lalu, kita telah melihat video kekerasan yang dilakukan oleh ART kepada bocah kecil. Tidak hanya itu, masih banyak video – video yang tersebar dengan tayangan kekerasan yang dilakukan oleh ART terhadap anak majikannya.

Susanto Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia menyatakan bahwa pengawasan terhadap anak dan ART perlu ditingkatkan, agar tidak ada lagi kasus mengerikan seperti ini.

"Kami menyayangkan atas tejadi kejadian ini. Ini harus menjadi perhatian dan evaluasi bagi semua keluarga di Indonesia agar saat merekrut asisten rumah tangga," katanya.


"Seiring dengan kebijakan pemerintah mengembangkan kota atau kabupayen layak anak dan upaya mewujudkan generasi emas 2045 seyogyanya persoalan pembantu rumah tangga juga menjadi perhatian serius," ujar Susanto.


Dengan banyaknya dampak negatif yang akan mempengaruhi kehidupan sang anak. Sebagai orang tua kita perlu untuk memperhatikan beberapa hal ketika ingin menyewa ART. Berikut merupakan hal penting yang perlu kamu perhatikan :

1. Mencari ART melalui Jasa Agen, dengan berbagai kriteria yang kita ingini tentu saja akan sangat sulit untuk menemukan ART yang sesuai dengan kriteria tersebut. Dengan mencari ART melalui Jasa Agen akan sangat membantu anda untuk menemukan seseorang yang tepat. Anda juga tidak perlu kuatir akan ART yang diberikan kepada anda karena mereka telah memiliki kontrak yang harus mereka penuhi dan patuhi.


2. Melakukan wawancara, sudah sepatutnya kita mengetahui latar belakang dari ART yang akan bekerja sama dengan anda. Anda perlu mengetahui bagaimana karakter ART tersebut. Anda juga dapat mengetahui sifat ART tersebut dari proses wawancara yang anda lakukan. Bagaimana ia menjawab pertanyaan anda, apa saja yang ia lakukan selama wawancara dan yang lainnya.


3. Meminta ART untuk mencontohkan pekerjaan yang akan ia lakukan, ketika anda meminta ART untuk melakukan pekerjaan pada saat wawancara, anda dapat mengetahui bagaimana kinerja dari ART anda. Anda juga dapat mengetahui bagaimana ART anda menangani situasi sulit pada saat bekerja.


4. Membuat Kontrak tertulis, hal ini sering dilupakan oleh banyak orang. Membuat kontrak tertulis sangatlah penting untuk dilakukan apalagi ketika anda tidak menyewa ART melalui Jasa Agen. Kontrak dapat berisi gaji, jumlah cuti atau konsekuensi yang akan diterima jika ART melakukan kesalahan besar.


5. Jelaskan kepada calon ART apa saja sifat yang kamu butuhkan, ketika menyewa ART tiga sifat yang perlu kamu beritahu adalah Jujur, Bertanggung Jawab dan Pekerja Keras.


Tentu saja hal tersebut akan diperlukan ketika anda membutuhkan seseorang untuk bekerja sama dengan anda.

Penulis : Gita Natasha

Sumber :

Adytia Pramana, R. (2020). Mewaspadai Kekerasan Anak yang Dilakukan Asisten Rumah Tangga (ART). VOI.ID. Retrieved 23 July 2020, from https://voi.id/berita/1547/mewaspadai-kekerasan-anak-yang-dilakukan-asisten-rumah-tangga-art.

Tips Mencari Pembantu Rumah Tangga dan Biaya yang Harus Disiapkan. RUMAH.COM. (2020). Retrieved 23 July 2020, from https://www.rumah.com/panduan-properti/tips-mencari-pembantu-rumah-tangga-dan-biaya-yang-harus-disiapkan-24355.

0 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page