top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

PERCERAIAN MEMBUAT ANAKKU SEDIH, APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN?


Sumber Foto : Freepik

Jakarta – Perceraian memang hal yang sulit bagi seorang anak, ketakutan akan kehilangan orang tua yang ia sayangi dan menerimanya adalah hal yang cukup sulit. Apalagi ketika kita para orang tua perlu memberikan pemahaman agar mereka dapat menerima hal yang sudah kita sepakati bersama.


Memiliki perceraian diusia anak yang terbilang cukup muda memang butuh usaha yang lebih. Butuh kesabaran yang ekstra, untuk memberikan pengertian yang dapat diterima oleh sang buah hati.


Ketika kamu menyampaikan kepada buah hatimu bahwa kamu harus berpisah katakakan kepada mereka dengan jujur. Seorang anak memang membutuhkan waktu lebih lama untuk menerima dan mengerti hal yang terjadi kepada para orang tuanya. Oleh sebab itu, sebagai sosok orang tua, perlu menceritakannya dengan jujur dengan pemahaman buah hati agar ia dapat lebih mudah untuk mengerti. Selanjutnya adalah katakan bahwa kamu mencintai mereka, ketakutan sang buah hati ketika mengetahui orang tuanya akan berpisah adalah takut akan kehilangan cinta dan kasih sayang dari orang tuanya. Oleh sebab itu kamu perlu katakan kepada mereka, meskipun kalian tidak bisa lagi untuk bersama cinta kalian terhadap anakmu tidak akan pernah hilang dan akan terus bertambah.


Kesedihan yang dirasakan oleh anak – anak ketika mengetahui perceraian memang berbeda beda, namun berikut adalah hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu sang buah hati dari kedukaan akan perceraian:


1. Mendengarkan, sebagai orang tua wajib untuk kamu mendengarkan keluh kesah sang buah hatimu. Dia mungkin merasa sangat sedih atau bahkan takut akan hal yang ia hadapi.


2. Bantu ekspresikan perasaan mereka, normal jika buah hatimu merasa sulit untuk mengekspresikan emosi yang mereka rasakan. Kamu bisa membantu mereka, kamu bisa ajak mereka bicara atau cerita untuk pemahaman mereka akan perpisahaan yang mereka rasakan.


3. Berikan keyakinan pada mereka, seperti yang sudah dibahas sebelumnya, ketakutan yang dirasakan setiap anak memang berbeda, namun kamu perlu berikan keyakinan kepada mereka bahwa semua akan berjalan baik – baik saja. Bahkan tidak akan ada cinta yang berkurang untuk mereka.


Itu dia hal – hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu buah hatimu dari trauma akan perpisahan. Kamu juga bisa membawa anak mu kepada psikolog ataupun psikiater untuk membantu anakmu untuk mengekpresikan emosi mereka.







Penulis : Gita Natasha

Sumber : Kemp, G., Smith, M., & Segal, J. (2019). Children and Divorce. HelpGuide. Retrieved 15 July 2020, from https://www.helpguide.org/articles/parenting-family/children-and-divorce.htm.

0 views0 comments

コメント


Post: Blog2_Post
bottom of page