top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

PENTINGNYA MEMPELAJARI PENDIDIKAN SEKS SEJAK DINI


Sumber Gambar: Pexels.com – Julia M Cameron

Jakarta – Memberikan pendidikan seks pada anak usia dini seringkali dianggap tabu bagi para orangtua. Padahal, kasus kekerasan seksual yang terjadi seperti pelecehan seksual, eksploitasi seks pada anak di bawah umur nyatanya sering terjadi oleh orang-orang terdekat yang bahkan dilakukan oleh kelurga sendiri maupun orang lain. Meningkatkan kasus kekerasan seksual menjadi bukti bahwa pentingnya pendidikan seks yang seharusnya sudah di berikan sejak dini. Dokter spesialis obstetri dan ginekologi Boyke Dian Nugraha mengungkapkan berbagai alasan mengapa memberi pendidikan seks sejak dini pada anak sangat penting. Boyke mengatakan, memberi pendidikan seks sejak dini bisa melindungi anak dari pelecehan seksual.


Ada banyak orangtua yang masih belum berbicara kepada anknya mengenai pendidikan seks. Untuk itu mulai sekarang harusnya para orangtua memberikan informasi untuk membekali anak melawan arus globalisasi yang semakin transparan dalam berbagai hal, Termasuk seksualitas. Pendidikan seks seharusnya menjadi bentuk kepedulian orang tua terhadap masa depan anak dalam menjaga apa yang telah menjadi kehormatannya, terlebih bagi seorang perempuan.


Dokter spesialis obstetri dan ginekologi Boyke Dian Nugraha mengungkapkan berbagai alasan mengapa memberi pendidikan seks sejak dini pada anak sangat penting. Boyke mengatakan, memberi pendidikan seks sejak dini bisa melindungi anak dari pelecehan seksual. "Anak-anak kita tidak mendapat pendidikan seksual sejak dini. Sementara orang yang mengincar anak ada di sekelilingnya. Ketika terjadi pelecehan seksual, anak yang tidak tahu menganggap hal itu bukan masalah," terang Boyke dalam acara peluncuran buku " Adik Bayi Datang Dari Mana?" di Jakarta, Pendidikan seks juga mencegah perilaku seks bebas, kehamilan tidak diinginkan, aborsi, pemerkosaan, hingga penularan penyakit seksual.

Mempelajari pendidikan seks sejak dini juga memberikan manfaat seperti :


1. Lebih terbukanya pikiran anak terhadap topik yang berkaitan dengan masalah seksual Mereka tidak akan malu membicarakan masalah seksual, terlebih jika mereka ingin menanyakan hal yang sangat privat terhadap orang tuanya. Hal ini dapat meningkatkan hubungan antara orang tua dan anak.


2. Mengerti dan memahami peran dari jenis gender Memberikan pendidikan seks terhadap anak tentunya akan membuat anak tersebut mengerti akan peran yang ia lakukan. Seperti anak perempuan ia akan tumbuh menjadi anak perempuan yang sesungguhnya.


3. Menyadari masalah yang akan timbul akibat dari seks bebas Pemberian pendidikan seks ini akan menghindarkanya dari bahaya seks bebas pada kalangan remaja. Seperti bahaya akan tertular penyakit kelamin dan HIV / AIDS.

Pendidikan seks sejak dini harusnya memang diajarkan oleh orangtua, sebelum adanya sekolah yang memberikan pendidikan seks sejak dini. Karena peran orang tua lah yang lebih penting dalam perkembangan, perilaku, dan kebiasaan seorang anak kedepannya. Semoga dengan pengetahuan seks sejak dini dapat diajarkan oleh para orangtua anak.

Penulis : Stella Bella

Sumber : Times, I., & I, P. (2020). 6 Manfaat Pendidikan Seks Sejak Dini Untuk Anak https://www.idntimes.com/life/family/putri-rahayu-2/6-manfaat-pendidikan-seks-sejak-dini-untuk-anak-c1c2/6. Media, K. (2020). Pentingnya Pendidikan Seks Sejak Dini. https://lifestyle.kompas.com/read/2016/04/20/094500123/Pentingnya.Pendidikan.Seks.Sejak.Dini.

2 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page