top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

PAKAIAN BUKANLAH UMPAN UNTUK PARA LAKI – LAKI MELAKUKAN KEKERASAN SEKSUAL


Sumber Foto : artikula.id

Jakarta – Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Koalisi Ruang Publik Aman, kekerasan seksual terjadi bukan karena pakaian yang digunakan. Dari data yang diberikan oleh Koalisi Ruang Aman tercatat bahwa Pakaian yang dikenakan korban adalah rok panjang dan celana panjang (17,47%), disusul baju lengan panjang (15,82%), baju seragam sekolah (14,23%), baju longgar (13,80%), berhijab pendek/sedang (13,20%), baju lengan pendek (7,72%), baju seragam kantor (4,61%), berhijab panjang (3,68%), rok selutut atau celana selutut (3,02%), dan baju ketat atau celana ketat (1,89%). Yang berhijab dan bercadar juga mengalami pelecehan seksual (0,17%). Bila dijumlah, ada 17% responden berhijab mengalami kekerasan seksual.


"Selama ini korban pelecehan seksual banyak disalahkan karena dianggap 'mengundang' aksi pelecehan dengan memakai baju seksi atau jalan sendiri di malam hari. Tapi semua anggapan itu bisa dibantah dengan hasil survei ini. Hasil survei ini jelas menunjukkan bahwa perempuan bercadar pun sering dilecehkan, bahkan pada siang hari," kata pendiri perEMPUan, Rika Rosvianti, mewakili koalisi.


Kekerasan Seksual murni 100% karena niat sang pelaku. Karena memang tidak ada wanita yang mau dengan sengaja mengundang untuk mendapatkan kekerasan seksual ataupun pelecehan seksual.


Oleh sebab itu, saat ini kita perlu mengubah cara berpikir kita yang masih kurang tepat yang mengatakan bahwa kekerasan atau pelecehan seksual terjadi akibat wanita menggunakan pakaian seksi atau terbuka.


Beberapa tahun lalu, terdapat pameran yang diadakan di Centre Communautaire Maritime di Brussels Belgia. Pameran ini mengambil tema “Apa yang kamu pakai”. Pada pameran ini terdapat ratusan baju korban yang mengalami kekerasan seksual.


Sumber Foto : Facebook/CentreCommunautaireMaritime

Mulai kini stop menyalahkan wanita. Waktunya kita untuk bersama – sama membuat perubahan untuk menghilangkan stigma negatif yang terus dibangun oleh para masyarakat. Tidak peduli kisah lampaumu mungkin yang suram. Kita semua adalah sosok yang berharga. Sudah sepatutnya kita saling menjaga dan menghargai satu sama lain.

Penulis : Gita Natasha

Sumber : Damarjati, D. (2019). Pelecehan Seksual Tak Ada Kaitan dengan Pakaian Korban, Sepakat?. DetikNews.com. Retrieved 28 July 2020, from https://news.detik.com/pro-kontra/d-4636306/pelecehan-seksual-tak-ada-kaitan-dengan-pakaian-korban-sepakat.

0 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page