top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

PAHAMI TANDA – TANDANYA BAHWA KAMU PERLU MENGUNJUNGI PSIKOLOG!


Sumber Foto : Pexels – Cottonbro

Jakarta – Memiliki gangguan mental memang berbeda dengan sakit fisik. Memiliki gangguan mental akan lebih sulit menemukan penanganan dan obat yang sesuai dengan yang sedang dirasakan.


Menurut penelitian yang dilakukan di University Of Denver, menemukan bahwa 43% orang yang berusia 18 hingga 35 tahun memiliki kesedihan yang mendalam saat putus hubungan. Namun hal tersebut bukanlah sebagai penentu untuk kamu mengunjungi seorang Psikolog.


Berikut merupakan beberapa tanda yang perlu kamu perhatikan jika kamu perlu mengunjungi Psikolog:


1. Sedih Berkepanjangan

Sedih berkepanjangan memang bukanlah hal yang sehat. Apalagi jika kamu mengalami sedih tanpa mengetahui alasan yang jelas.Hal yang berbaya lainnya jika sedih berkepanjangan membuat aktivitas keseharianmu terganggu dan membuat kamu menarik diri.


2. Stres Berkepanjangan

Banyak orang yang merasakan stres akibat pekerjaan atau kegiatan lainnya dan hal tersebut adalah normal. Kamu bisa mengkonsumsi makanan yang dapat membuat kamu kembali senang, kamu juga dapat melakukan kegiatan yang membuat kamu kembali seperti semula. Tapi jika kamu stress berkepanjangan hal tersebut tidak dapat kamu remehkan.


3. Merasa Cemas Secara Berlebihan

Sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Jika kamu merasa cemas dan membuat kamu sulit tidur, pusing, sesak napas, tubuh bekeringat, otot nyeri dan yang lainnya itu harus segera berkunjung ke Psikolog.


4. Halusinasi

Jika kamu merasa stress dan mulai berhalusinasi kamu perlu lebih memperhatikan dirimu, sebab hal tersebut akan mengancam dirimu.


5. Menyakiti Diri Sendiri

Self Harm atau menyakiti diri sendiri adalah tindakan yang sangat berbahaya. Pada tahap ini kamu harus segera meminta bantuan dan membuat janji kepada seorang Psikolog untuk membantumu!


Itu dia beberapa tanda yang perlu kamu perhatikan. Jangan merasa takut untuk mengunjungi Psikolog. Justru sebaiknya jika kamu mengabaikan segala tanda tersebut akan membuat kamu semakin terpuruk!

Penulis : Gita Natasha

Sumber : Kuzma, C. (2018). Kenali Tanda-Tanda Kamu Butuh Bantuan Psikolog Untuk Pulihkan Mental yang Terpuruk. Vice.com. Retrieved 7 August 2020, from https://www.vice.com/id_id/article/pgpmkn/kenali-tanda-tanda-kamu-butuh-bantuan-terapis-untuk-pulihkan-mental-yang-terpuruk.

0 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page