top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

MENGAPA SESEORANG BISA BERKEINGINAN UNTUK MENYAKITI ORANG LAIN



Jakarta – Kekerasan, baik secara fisik maupun emosional, pada dasarnya merupakan bagian dari kepribadian yang membentuk manusia. Memang sulit diakui, tapi diskriminasi, bully, dan segala macam interaksi yang bisa memicu konflik juga tidak dapat lepas darinya. Perilaku ini dikenal sebagai agresi dalam dunia psikologi. Pencetus teori psikoanalisis, Sigmund Freud, menyatakan bahwa agresi berasal dari dorongan dalam diri seseorang. 


Dorongan ini menjadi motivasi dan muncul dalam bentuk perilaku tertentu. Sayangnya, agresi memunculkan perilaku yang tujuannya merusak seperti intimidasi, ancaman, cemoohan, bahkan sesimpel kebiasaan bergosip tentang orang lain. Perilaku ini tidak hanya menghancurkan orang lain, tapi juga orang yang melakukannya. Salah satu bentuk agresi yang paling ekstrem adalah dorongan untuk menyakiti orang lain. 


Seperti perilaku agresi lainnya, keinginan untuk menyakiti orang lain mempunyai beberapa tujuan, seperti: mengungkapkan amarah dan permusuhan, menunjukkan kepemilikan, menunjukkan dominasi, mencapai tujuan tertentu, bersaing dengan orang lain, sebagai respons dari rasa sakit atau takut. Melansir laman Pijar Psikologi, Freud menggambarkan kekerasan sebagai nafsu yang sifatnya manusiawi. Nafsu tersebut menuntut agar dipenuhi, sama seperti nafsu makan maupun gairah untuk berhubungan seksual.


Perilaku kekerasan terekam dalam genetik dan menjadi naluri yang tertanam sampai sekarang. Namun, peradaban manusia membuat kekerasan jadi tidak masuk akal lagi. Kekerasan kini dilihat sebagai hal yang tidak manusiawi dan tidak rasional. Dorongan untuk menyakiti orang lain tetap ada, tapi Anda terlatih untuk menyimpannya. Bahkan, Anda bisa saja tidak sadar memilikinya. Keinginan tersebut mungkin baru akan muncul saat Anda menghadapi konflik yang menimbulkan emosi negatif.

Sekarang kita sudah tahu bagaimana seseorang bisa terdorong untuk menyakiti oranglain. Dorongan untuk menyakiti orang lain adalah bagian dari naluri seseorang. Perilaku ini muncul akibat banyak faktor yang kadang tak terhindarkan. Walaupun memendamnya tidak mudah, Anda bisa berlatih mengendalikannya sedikit demi sedikit.

Penulis : Stella Bella

Sumber : Ayu, D. (2020). Mengapa Seseorang Bisa Terdorong untuk Menyakiti Orang Lain?. https://www.msn.com/id-id/berita/other/mengapa-seseorang-bisa-terdorong-untuk-menyakiti-orang-lain/ar-BB15TOPT

0 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page