top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

MEDIASI BISA MEMBANTU MEREDAKANSAKIT KARENA PMS


Sumber : Pexels.com – Alexy Almond

Jakarta – Sebagai seorang perempuan pastinya akan mengalami yang namnya menstruasi atau PMS. Menstruasi atau haid atau kadang juga disebut sebagai datang bulan adalah perdarahan uterus secara periodik dan siklus yang normal terjadi pada wanita yang telah puber. Proses ini pun terjadi dengan disertai pelepasan endometrium. Umumnya, durasi siklus menstruasi adalah 28 hari, dengan lama menstruasi adalah 4 hingga 6 hari. Jumlah darah yang keluar pun rata-rata sebanyak 20-60 mililiter. Beberapa gejalanya antara lain Perut terasa tidak nyaman, mual, dan panas, terasa sedikit nyeri saat buang air kecil, mudah marah, nafsu makan meningkat, sakit punggung, dan masih banyak lagi. Perubahan ini membuat mood seorang wanita tidak terkontrol.

Veronica Parker, guru yoga kundalini dan pelatih meditasi mengatakan bahwa banyak wanita menghadapi rasa sakit luar biasa selama menstruasi. Stres dan sakit pada akhirnya membuat wanita kelelahan. "Penelitian ilmiah telah menunjukkan wanita di bawah tekanan tinggi lebih dari dua kali lebih mungkin mengalami rasa sakit saat menstruasi (dysmenorrhea)," jelas Parker dilansir dari Elite Daily.

Parker mengatakan meditasi adalah cara yang bagus untuk menghilangkan stres, terutama ketika berhadapan dengan gejala-gejala yang menyakitkan. Ketika meditasi, respons relaksasi membuat Anda fokus pada tubuh. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Obstetrics and Gynecology, meditasi adalah pengobatan yang efektif untuk gejala pramenstruasi fisik dan emosional.


Meskipun terdapat juga obat yang bisa meringankan gejala PMS, berlatih meditasi selama periode PMS membantu mengatasi rasa sakit dan ketidaknyamanan. Cara meditasi yang disarankan oleh Parker pun sangatlah mudah. "Tutup matamu dengan lembut, bawa satu tangan ke dada dan satu tangan di atas perutmu. Tarik napas dalam-dalam melalui hidung sampai hitungan ke empat. Tahan napas selama empat detik. Kemudian hembuskan napas dalam empat hitungan." Parker menyarankan untuk mengulangi latihan ini minimal tiga kali ketika gejala PMS Anda yang rasakan tidak langsung hilang.

Penulis : Stella Bella

Sumber : developer, m. (2020). Meditasi Bantu Redakan Sakit karena PMS. Retrieved 7 August 2020, from https://www.medcom.id/rona/kesehatan/0Kv77V4N-meditasi-bantu-redakan-sakit-karena-pms. Menstruasi - Definisi, Gejala, Kapan Harus ke Dokter? | Halodoc.com. (2020). Retrieved 7 August 2020, from https://www.halodoc.com/kesehatan/menstruasi

0 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page