top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

MANFAAT TERTAWA BAGI KESEHATAN DAN MEMBUAT AWET MUDA


Sumber : Pexels.com – Just Name

Jakarta – Tertawa adalah hal paling sederhana untuk mengungkapkan ekspresi wajah dan hati kita. Dengan tertawa bisa membuat kita merasa bahagia dan senang. Saat kamu tertawa dengan gembira sangat bermanfaat untuk mengurangi stres yang kamu rasakan, sehingga meningkatkan suasana hati yang positif dan hormon endorfin yang diproduksi tubuh memiliki kualitas yang lebih baik. Tertawa adalah salah satu cara untuk membuat tubuh kamu menjadi rileks dan tenang.


Tidak hanya karena tubuh memproduksi hormon bahagia saat kamu tertawa atau tersenyum, tersenyum dan tertawa memang membuat wajah kamu terlihat lebih muda daripada saat kamu memasang wajah muram atau sedih. Beberapa riset menemukan bahwa wajah sedih memang dianggap membuat wajah terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya. Dilansir dari Psychology Today, selain lebih muda, tersenyum dan tertawa juga membuat orang terlihat lebih tirus daripada orang yang berwajah sedih atau muram. Selain membuat awet muda berikut ini terdapat manfaat tertawa bagi kesehatan :


1. Memperkuat sistem imun

Suasana hati yang sedang bahagia dapat membuat Anda menjadi lebih sehat. Tertawa dapat menurunkan hormon stres, meningkatkan sirkulasi darah dan konsumsi oksigen. Dengan melepaskan energi negatif, tertawa dapat memperkuat sistem imun dalam tubuh. Tak hanya itu, tertawa dapat membuat tubuh melawan bakteri dan infeksi saluran pernapasan.


2. Meningkatkan daya ingat

Tertawa diyakini dapat membuat kinerja otak menjadi lebih optimal. Hal ini karena tertawa dapat mengurangi hormon kortisol atau hormon penyebab stres pada tubuh. Hasilnya, daya ingat Anda pun akan menjadi lebih kuat.


3. Mengoptimalkan fungsi organ

Tak hanya menjaga kesehatan mental, tertawa rupanya membuat sistem organ dalam tubuh bekerja dengan optimal, seperti jantung, otak, dan paru-paru. Tertawa menjadi salah satu penanganan terbaik pada mereka yang mengalami penyakit jantung.


4. Melepaskan ketegangan otot

Tertawa memiliki keterkaitan langsung dengan peregangan otot di tubuh Anda. Menariknya, efek relaksasi yang Anda rasakan bukan hanya pada otot wajah saja, melainkan seluruh tubuh.


5. Melepas Stres

Memiliki selera humor dipercaya mampu menetralkan segala bentuk hal-hal negatif yang dapat membuat kamu merasa depresi, stres, atau bahkan cemas.

Manfaat tertawa ini sangatlah pentng untu kesehatan mental kamu. Karena itulah tertawalah, agar kamu tetap merasakan manfaatnya dengan gratis dan sederhana. Dengan tertawa dapat mengubah hidup kamu menjadi lebih baik.




Penulis : Stella Bella

Sumber : Halodoc, R. (2020). Retrieved 21 July 2020, from https://www.halodoc.com/artikel/banyak-tertawa-bisa-bikin-awet-muda. Perdana, A. (2020). Selain Awet Muda, Ini 5 Manfaat Tertawa bagi Kesehatan. Retrieved 21 July 2020, from https://www.liputan6.com/health/read/3423970/selain-awet-muda-ini-5-manfaat-tertawa-bagi-kesehatan.

2 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page