top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

MAKANAN YANG COCOK DI PAGI HARI BIAR MOOD LEBIH BAIK


Sumber : Pexels.com – Foodie Factor

Jakarta – Saat bangun dipagi hari mood atau suasana hati kita mungkin pernah merasakan tidak bersemangat. Sebelum melakukan kegiatan atau aktivitas diluar pastinya kita butuh sarapan untuk menambah energi. Dan untuk mendongkrak rasa lemas atau malas agar semangat lagi tidak butuh usaha yang sulit. Cukup dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan enak ini kamu akan kembali lagi bersemangat mengawali harimu.


Karena ternyata menu sarapan juga mempengaruhi suasana hati loh. Dan kamu perlu beberapa makanan bahan alami untuk tingkatkan produksi hormon bahagia dalam tubuh. "Apa yang Anda makan di pagi hari menentukan mood (Anda) sepanjang hari," jelas Tim Sharp, psikolog sekaligus tim The Happiness Institute pada Huffington Post. Ada beberapa hormon yang menciptakan rasa bahagia dalam diri yakni, serotonin, dopamin, oksitosin, dan endorfin. Keempatnya menciptakan rasa bahagia bahkan oksitosin membantu melawan rasa sakit fisik. Ada beberapa makanan yang bisa bantu meningkatkan hormon bahagia dalam diri. Apalagi dimakan untuk sarapan. Berikut ini beberapa makanan yang cocok di pagi hari untuk membuat mood kamu lebih baik.

1. Alpukat

Alpukat mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan otak dan suasana hati. Buah ini juga kaya akan vitamin B3 yang ampuh tingkatkan serotonin. Sehingga kedua kandungan yang dikemas dalam buah alpukat sangat menyehatkan fisik dan suasana hati. Kamu bisa memakannya sebagai olesan roti atau dipotong sebagai campuran salad.

2. Oatmeal

Oatmeal makanan kaya karbohidrat kompleks yang penuh serat dan gizi yang dibutuhkan tubuh. Fungsi karbohidrat kompleks memberikan tubuh energi yang cukup untuk melakukan aktivitas apa pun.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung vitamin B, asam lemak omega-3, magnesium dan zinc. Semua bahan tadi menjaga tingkat hormon stres kortisol rendah. Kacang-kacangan seperti walnut dan almond serta biji-bijian seperti biji labu merangsang produksi endorfin. Kemudian endorfin dilepaskan ke aliran darah agar menimbulkan euforia, menghilangkan stres dan meningkatkan rasa bahagia. Tambahkan almond panggang, biji labu atau flaxseed dalam yoghurt atau smoothies.

4. Susu

Minuman ini bisa tingkatkan mood. Ini karena susu mengandung senyawa yang disebut tryptophan yang akan dikonversi menjadi serotonin. Serotonin merupakan merupakan hormon bahagia yang mengatur suasana hati Anda.

5. Yoghurt

Yoghurt mengandung asam amino esensial triptofan. Unsur ini dapat meningkatkan kadar serotonin, hormon untuk memberikan rasa bahagia.

6. Telur

Tahukah kamu sebutir telur mengandung 70 kalori dan 6 gram protein. Kandungan ini mampu membakar energimu yang dilepaskan secara perlahan. Maka, dengan mengonsumsi sebutir telur pada pagi hari mampu membangkitkan semangatmu yang kendur ketika bangun.

Nah sekarang kamu dapat mengonsumsi salah satu makanan di atas jika sedang tidak bersemangat girls. Ayo sambut harimu dengan penuh semangat!







Penulis : Stella Bella

Sumber : Anggraini, D. (2020). Biar Mood Lebih Baik, Pagi Ini Sarapan Dulu 5 Makanan Enak Ini. Retrieved 27 July 2020, from https://food.detik.com/info-sehat/d-4263394/biar-mood-lebih-baik-pagi-ini-sarapan-dulu-5-makanan-enak-ini. Times, I., & Nahfiah, A. (2020). 7 Makanan Ini Ampuh Mengatasi Bad Mood di Pagi Hari. Retrieved 27 July 2020, from https://www.idntimes.com/food/dining-guide/andi-nitha-nafiah/menu-sarapan-sehat-c1c2/7.

0 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page