top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

Kontroversi Artis TikTok Ceritakan Pengalaman “KDRT”Lewat Makup Tutorial


Jakarta – Salah satu media sosial yang juga telah banyak di gunakan atau hitz yaitu TikTok. Ya tidak hanya instagram, kini banyak kaula muda suka menggunakan media ini sebagai wadah mempublish video-video yang unik,lucu, menghibur, informasi, bahkan sampai bisnis. Juga yang saat ini sedang trend yaitu makeup tutorial telah menjadi trend untuk di publish melalui media sosial. mulai dari anak-anak, rema, dewasa bahkan orangtua/ibu suka menonton video makeup tutorial. Karena selain menjadi inpirasi untuk makeup bisa juga sebagi pembelajaran mengenai cara-cara penggunaan dan produk.


Tapi kali ini ada yang sangat berbeda, dimana sedang trend di TikTok membuat makeup tutorial mengenai tema kekerasan. Terdapat banyak wanita yang mengikuti challenge ini dengan membuat makeup tutorial dengan tema “women abuse”. tak sedikit artis TikTok yang mencoba berbagi informasi, termasuk tutorial makeup. Sebuah tutorial makeup TikTok pun baru-baru ini jadi perbincangan pada bulan januari lalu. karenanya dalam video itu, terdapat seorang seleb tiktok wanita yang mengungkap cara menutupi tanda-tanda KDRT menggunakan makeup.seleb TikTpk ini memang sering sekali membuat turorial makeup dengan tema “women abuse”, terlebih lagi dia selalu menuliskan caption tutorial makeup ini dia pernah gunakan saat mendapatkan kekerasan dari sang pacarnya dulu.


Artis TikTok wanita bernama Amber jadi kontroversi setelah mengunggah videonya ke TikTok yang dianggap kurang pantas tapi juga banyak yang memujinya. Ketika itu, ia mengunggah sebuah video lip-sync lagu Lily Allen berjudul Not Fair sambil makeup. Dalam video, Amber pun terlihat menutupi luka lebam palsu di bagian mata dengan spons makeup. Dari lagu yang dinyanyikan, Amber seolah menunjukkan bagaimana cara menutupi tanda-tanda KDRT.



foto by : tiktok-makeupbyamber

Video ini jadi perbincangan setelah diunggah akun @MakeupByAmber dengan 600 komentar dan 200 ribuan like. Postingan tersebut kemudian menimbulkan kontroversi karena tema kekerasan dan menimbulkan beragam komentar. Beberapa orang memuji Amber karena meningkatkan kesadaran akan KDRT tapi sedikit pula yang justru mengritiknya. Kini video tersebut pun sudah dihapus Amber.


Ada yang berkomentar mendukung seperti salah satu dari netizen yang berkata "Terima kasih sudah melakukan ini. Aku adalah seseorang yang telah selamat," "Ini sangat powerful. Aku melewati ini dengan seorang teman yang selalu membuat alasan dan meremehkannya," kata komentator. Sedangkan ada pula yang tidak suka dan mengritik video ini menganggap jika postingan tersebut terlalu 'dark' dan bukan cara yang tepat untuk berbicara mengenai kekerasan dalam hubungan. "Ini bukan cara yang tepat untuk meningkatkan kesadaran," "Ini benar-benar terjadi pada orang dan mereka tidak seharusnya membuat TikTok tentang itu,". Kalau kamu setuju dengan yang mendukung atau mengkritik ?






Penulis : Stella Bella

Sumber : Anjani, R. (2020). Bikin Tutorial Makeup Tutupi Tanda KDRT, Artis TikTok Jadi Kontroversi. Retrieved 27 July 2020, from https://wolipop.detik.com/entertainment-news/d-4862612/bikin-tutorial-makeup-tutupi-tanda-kdrt-artis-tiktok-jadi-kontroversi.

0 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page