top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

KINI WAKTUNYA EMANSIPASI WANITA!


Sumber Foto : Freepik

Setiap kita mendengar kata Emansipasi Wanita pasti kita langsung teringat akan satu tokoh, siapa lag kalau bukan Raden Ajeng Kartini. Pahlawan wanita yang berani memperjuangkan emansipasi wanita sejak abad ke 19.


Emansipasi wanita adalah ketika wanita memiliki hak yang sama dengan laki – laki dari berbagai aspek kehidupan. Namun, sayangnya hingga saat ini emansipasi wanita masih saja lemah di masyarakat. Masih banyak orang tua yang mewajibkan anak perempuannya untuk tetap memasak dan mengurus anak, atau setiap perempuan harus melayani suaminya.


Dengan rendahnya tingkat emansipasi wanita saat ini, terjadi berbagai kekerasan yang menimpa wanita. Ketidakmampuan wanita untuk melawan dan berani kepada para pria membuat wanita menjadi sosok yang terlihat lemah. Namun, apakah hal tersebut memang benar? Apakah kalian para wanita menganggap diri kalian lemah?


“Faktanya, masih banyak kasus kejahatan siber yang menyasar kelompok perempuan, kekerasan perempuan, diskriminasi, perkawinan dini, trafficking, eksploitasi perempuan dengan berbagai cara. Ini menunjukkan ide besar dan semangat Kartini belum menjadi pemicu, meski menjadi bahan diskusi dan ritual tahunan setiap April,” ujar Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani), Giwo Rubianto (2018).


Kasus kekerasan terhadap perempuan sampai saat ini masih terus bertambah, masih banyak kasus yang sering kita dengar diberbagai siaran berita. Oleh sebab itu, kita para perempuan Indonesia perlu memperjuangkan hak kita agar perjuangan RA Kartini tidak menjadi sia sia.


Kini wanita Indonesia seharusya bebas melakukan berbagai karya untuk membangun negeri Indonesia. Masih banyak juga wanita yang ingin berjuang untuk membuktikan kepada dunia bahwa mereka dapat mengharumkan Ibu Pertiwi ini.


Sebagai wanita yang kuat, perlu kita pahami, bahwa tidak ada lagi perbedaan antara laki – laki dengan perempuan. Para perempuan dapat melewati berbagai tantangan yang terjadi di hidupnya. Selalu berikan yang terbaik atas segala kegiatan yang kamu lakukan. Tunjukan pada dunia bahwa kami para wanita memiliki hak yang sama dan tidak kalah penting dengan para pria.




Penulis : Gita Natasha

Sumber : Saffana, N. (2020). Apa Itu Emansipasi Wanita?. Herstory. Retrieved 8 July 2020, from https://herstory.co.id/read2129/apa-itu-emansipasi-wanita.

0 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page