top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

KENALI FAKTOR KEKERASAN DALAM HUBUNGAN


Sumber Foto : Freepik

Dilansir melalui Kelas Cinta, Dalam buku The National Academy of Sciences yang berjudul Understanding Violence Against Women disebutkan bahwa banyak sekali faktor yang memicu kekerasan, 5 pokok utamanya adalah:


1. Individual determinants adalah seperti faktor psikologi, pengaruh alkohol, kepribadian, sikap, seks, motif kekuasaan, dan social learning. Seseorang yang melakukan kekerasan dalam hubungan mempunyai pola pikir yang sempit karena tidak bisa menyalurkan emosinya dengan cara yang baik. Apalagi jika ditambah dengan pengaruh alkohol yang membuatnya “melayang.” Di sisi lain, motif kekuasaan seperti budaya patriarki juga memegang peran terjadinya kekerasan, karena sang pelaku merasa berkuasa atas apa yang dimilikinya. Kompleksitas faktor-faktor tersebut membuat suatu pergumulan yang akhirnya dilampiaskan dengan cara kekerasan.


2. Dyadic contexts, merupakan hubungan antara 2 orang yang melibatkan faktor emosi dan perasaan mendalam sehingga menciptakan suatu tradisi tersendiri. Kebiasaan yang baik dan hangat akan menciptakan hubungan yang harmonis. Sebaliknya, bila yang dipelihara adalah kebiasaan buruk seperti memanggil pasangan dengan julukan kasar, sering memukul walau dalam konteks bercanda, maka akan jadi seperti apa nantinya kalau kalian bertengkar.


3. Intitutional influence, seperti tingkat pendidikan, cara belajar, dan budaya yang diterapkan di sekolah juga bisa menjadi salah satu faktor timbulnya kekerasan.

4. Societal influence, jika Anda berada dalam kondisi masyarakat yang buruk (berada di sekitar tetangga yang bermain judi, mabuk-mabukan, dan lain sebagainya), maka kemungkinan Anda akan ikut menjadi pribadi yang buruk (individual determinants) bila tidak pandai menempatkan diri. Jadi, pandai-pandailah bergaul dan memilih pergaulan.


5. Multifactor models, merupakan gabungan dari semua faktor-faktor di atas yang menunjukkan bahwa faktor pemicu kekerasan sangatlah kompleks.

Selain hal diatas, pemicu kekerasan terjadi karena adanya perselingkuhan, masalah ekonomi, budaya patriarki, campur tangan pihak ketiga, bermain judi, dan perbedaan prinsip merupakan faktor penyebab terjadinya KDRT.

Dengan adanya berbagai faktor pemicu Kekerasan anda perlu berhati hati dalam memilih pasangan anda kedepannya. Jangan terus mau Bersama dengannya jika anda terus disakiti. Beranikan diri anda untuk pergi meninggalkan dia. Masih banyak orang yang mencintai anda dan akan menjaga diri anda dengan sepenuh hati mereka.

Jadi, kalau pasangan Anda melakukan kekerasan dalam hubungan asmara sebaiknya tinggalkan. Anda pantas bahagia dengan pria yang mencintai Anda dengan cara yang benar.

Penulis : Gita Natasha

Sumber : YULI, V. (2020). Menghindari Kekerasan Dalam Hubungan Cinta. Kelas Cinta. Retrieved 29 June 2020, from https://kelascinta.com/relationship/menghindari-kekerasan-dalam-hubungan-percintaan.

0 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page