top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

KENALI CIRI-CIRI KEKERASAN DALAM PACARAN


Sumber Gambar: Pexels.com – Pinterest.the Telegraph

Jakarta – Tidak hanya dalam rumah tangga, kekerasan juga sering terjadi pada pasangan yang pacaran. Menurut data yang diterbitkan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI (Kemenpppa), sebanyak 42,7% perempuan yang belum menikah pernah mengalami kekerasan. Lalu, sebanyak 2.090 orang dari total 10.847 pelaku kekerasan tersebut berstatus sebagai pacar. Oleh karena itu, penting bagi kita terutama yang memiliki pasangan berpacaran, untuk mengetahui ciri-ciri kekerasan dalam pacaran harus dikenali, baik oleh anak muda maupun orangtua. Jangan sampai hubungan tersebut justru merusak masa depan dan memberikan trauma berkepanjangan.

Kekerasan dalam pacaran tak hanya terbatas pada kekerasan fisik. Kekerasan emosional, seksual, hingga verbal juga dapat dilakukan oleh pasangan yang bersifat abusive atau toxic. Anda juga mungkin sudah tahu bahwa menendang, memukul, mendorong atau bahkan menggigit termasuk dalam kekerasan fisik. Para korban harus sadar bahwa ini adalah kekerasan dalam pacaran. Lebih dari itu, melarang bertemu dengan teman, memanggil dengan nama yang tidak pantas, atau meneriaki Anda juga termasuk dalam kekerasan emosional dan verbal. Terus-menerus membujuk untuk melakukan hubungan seksual, meski Anda sudah jelas menolak pun bisa masuk sebagai kekerasan seksual.


1. Pacar mengontrol, mengancam dan membully Anda

Kata-kataya kasar dan perlakukan posesif serta mengontrol berlebihan juga termasuk sebagai kekerasan dalam pacaran. Berikut ini ciri-cirinya: Sering menuduh Anda selingkuh, Menyalahkan Anda akan kekerasan yang terjadi, Mengontrol cara Anda berpenampilan, Mengancam akan menyakiti Anda atau orang terdekat Anda.


2. kekerasan secara fisik

Memukul, mendorong, menendang, atau menjambak Anda, Menggunakan senjata untuk menyakiti Anda, Meninggalkan Anda di lokasi antah berantah saat bertengkar. Membuat Anda tidak bisa makan, tidur, atau bahkan mendapatkan perawatan medis yang diperlukan


3. Kekerasan Psikologis atau Emosional

Jika kamu merasa terancam, terintimidasi, rahasiamu atau aibmu tersebar, dibuat cemburu, diperlakukan secara posesif, dan diisolasi dari pertemanan atau keluarga oleh pacarmu, jangan diam. Kamu harus melakukan sesuatu karena tindakan pacarmu itu merupakan kekerasan psikologis.

4. Melakukan pelecehan seksual

Selama pacaran, tidak menutup kemungkinan Anda berhubungan seksual dengan pasangan. Jika salah satu pihak menolak dan lainnya memaksa, maka itu sudah masuk sebagai kekerasan dalam pacaran. Memaksa Anda berhubungan seksual, Membuat Anda merasa berutang hubungan seksual pada pasangan sehingga Anda merasa harus melunasinya.

Ciri-ciri diatas merupakan kekerasan dalam pacaran. Semoga pasanganmu tidak seperti siafat diatas ya girls. Jika memang pasangan kalian seperti itu makan kalian harus memutus siklus hubungan kalian. Ingat wanita itu kuat dan berharga.

Penulis : Stella Bella

Sumber :. Ciri Kekerasan dalam Pacaran yang Harus Dikenali dan Cara Menyudahinya | SehatQ. (2020). https://www.sehatq.com/artikel/kekerasan-dalam-pacaran-rentan-terjadi-kenali-tanda-dan-cari-jalan-keluarnya. 5 Jenis Kekerasan dalam Pacaran dan Tanda-tandanya. (2020). https://kumparan.com/millennial/5-jenis-kekerasan-dalam-pacaran-dan-tanda-tandanya-1540004443534218397/full

0 views0 comments

Σχόλια


Post: Blog2_Post
bottom of page