top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

Kehidupan DIbalik Jeruji Menyeramkan?


Sumber : Pinterest – BuzzFeed

Jakarta – Kehidupan di Penjara bukanlah hal yang mudah. Orang yang masuk penjara sebagai tahanan tentu memiliki sebab tersendiri. Akan ada sebab yang terjadi jika seseorang melakukan hal buruk atau melakukan hal – hal yang seharusnya tidak dilakukan. Contoh saja seperti pembunuhan , pencurian, penipuan ataupun penggelapan uang, pemerkosaan , memakai obat – obat terlarang dan sebagainya. Tentu hal – hal ini bisa mengakibatkan seseorang bisa memasuki sebuah jeruji penjara. Siapa sih yang tidak takut masuk penjara? Kehidupan di penjara memang tidak bisa diprediksi. Banyak fakta – fakta yang sebenarnya tidak disangka loh. Yuk kita simak beberapa fakta – fakta yang sebenarnya terjadi dibalik jeruji itu.

1. Kehidupan di Penjara tidak gratis

Inilah salah satu hal hitam yang ada di penjara Indonesia. Semua orang yang masuk ke dalam sel tahanan harus membayar sewa kamar dan juga makanan. Keluarga yang ditinggal di penjara harus rela banting tulang untuk membayarkan sejumlah uang. Jika tidak, maka bisa jadi sipir tahanan akan memperlakukan tahanan dengan buruk. Atau bahkan tidak akan memberinya makan.

Berdasarkan berita yang terbit sekitar tahun 2010, tahanan baru yang mendiami LP Cipinang, Jakarta harus bayar 2 juta lebih untuk sewa kamar. Jika belum bayar mereka akan tidur di halaman luar setiap hari. Pihak LP mengatakan jika hal itu tidak benar, tetapi faktanya beberapa keluarga tahanan sampai harus hutang sana-sini untuk bisa menyetor uang. 

2. Hubungan Badan dan Lokalisasi Terselubung

Biasanya penjara pria dan wanita dipisah. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti tindakan asusila. Terlebih banyak tahanan pria dewasa yang jauh dari istrinya. Beberapa oknum dalam LP melakukan penawaran yang menguntungkan bagi tahanan yang berduit. Mereka akan dipertemukan dengan tahanan wanita dengan maksud tertentu.

Oknum nakal dari tahanan akan menawarkan jasa ini dengan harga yang cukup terbilang mahal. Dan jika sudah parah biasanya akan ada kasus asusila terhadap teman satu sel. Segala hal bisa terjadi di penjara. Terlebih yang terpenjara tidak hanya tubuh mereka saja tapi nafsu mereka juga secara tidak langsung.

3. Sipir Nakal, NAPI di Peras


Para tahanan yang masuk ke dalam penjara biasanya akan seperti menjadi mesin ATM. Keluarga tahanan yang menjenguk akan bawa banyak sekali barang seperti sembako. Namun tidak semua sembako ini akan diberikan kepada tahanan. Sebagian besar benda ini akan diporoti dan bisa dibawa pulang oleh sipir tahanan. Jika orang yang tidak benar-benar kaya, hidupnya akan sama saja di penjara. Bawa makanan banyak pun pasti dibagi rata ke semua teman sel. Biasanya juga pihak keluarga menitipkan uang untuk tahanan tetapi biasanya uang itu pasti kena pajak.

Nah itu dia beberapa fakta yang ada dibalik jeruji. Serem bukan? Jangan sampai kamu melakukan hal – hal yang bisa menyeret kamu kedalam penjara yah!

Penulis : Cut Zahra

Sumber : Nugroho, A. (2020). 7 Fakta Kehidupan Penjara yang Sesungguhnya! Kamu Bakal Kaget dan Tak Menyangka! - Boombastis.com | Portal Berita Unik | Viral | Aneh Terbaru Indonesia., from https://www.boombastis.com/fakta-kehidupan-penjara/37403

1 view0 comments

Commentaires


Post: Blog2_Post
bottom of page