top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

KAPAN KITA PERLU BEROLAHRAGA?


Sumber Foto : Freepik – Running

Berolahraga merupakan aktivitas yang baik untuk memilihara kesehatan tubuh, tidak hanya membutuhkan vitamin dan makanan bergizi, kita juga membutuhkan waktu untuk berolahraga. Seperti saat ini, dengan diterapkannya New Normal banyak masyarakat yang mulai peduli dengan kesehatan masing – masing dengan cara bersepeda contohnya. Kini kita sering menemui masyarakat yang bersepeda, entah pagi siang bahkan malam hari. Namun sesungguhnya kapan waktu yang tepat untuk kita dapat berolahraga?


Sesungguhnya tidak ada waktu yang diwajibkan untuk masyarakat berolahraga. Karena tidak sedikit masyarakat yang harus bekerja pagi dan memiliki waktu senggang di sore atau malam hari, ataupun sebaliknya.


“Mereka yang tidak sempat olahraga pagi hari, baru sempatnya malam hari, akan jauh lebih baik daripada yang tidak olahraga sama sekali. Sekarang, kan, banyak yang olahraga lari malam di Senayan. Itu tidak masalah, kok,” ujar Dokter spesialis olahraga Andi Kurniawan.

Berikut merupakan beberapa manfaat ketika seseorang berolahraga di pagi ataupun malam hari.


Olahraga dipagi hari, khususnya ketika perut dalam keadaan kosong adalah hal terbaik untuk kita membakar segala lemak dan mencapai berat yang ideal. Namun jangan dipaksakan jika anda memiliki riwayat penyakit tertentu yang mewajibkan anda untuk makan. Tidak ada salah ketika makan sebelum berolah raga. Hanya saja kita perlu memperhatikan porsi makan agar tidak terjadi mual atau pun hal – hal yang tidak diinginkan. Selain itu, olahraga dipagi juga juga akan memberikan manfaat untuk meningkatkan aktivitas fisik sehari-hari.


Berikut merupakan beberapa manfaat bila anda berolahraga di pagi hari : membuat tubuh lebih berenergi, meningkatkan suasana hati sepanjang hari, meningkatkan metabolisme tubuh, membantu mengontrol nafsu makan. Sedangkan olah raga di sore ataupun malam hari dapat meningkatkan fungsi otot serta membantu merilekskan tubuh setelah seharian beraktivitas, membantu menghilangkan stress dan masih.

Lalu berapa lama kita perlu berolahraga? 


Kita memiliki waktu 60 – 90 menit untuk kita berolahraga. Tidak perlu terlalu lama yang penting adalah gerakan gerakan berolahraga yang benar. Agar kita mendapatkan hasil yang kita ingini. 

Penulis : Gita Natasha

Sumber : Perdana, S. (2019). Olahraga Pagi atau Olahraga Malam, Mana yang Lebih Baik?. HelloSehat. Retrieved 7 July 2020, from https://hellosehat.com/hidup-sehat/kebugaran/olahraga-pagi-vs-olahraga-malam-mana-yang-lebih-baik/#:~:text=Padahal%2C%20paling%20tidak%20waktu%20untuk,pagi%20hari%20juga%20lebih%20segar.

1 view0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page