top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

KAMU SELALU INGIN MENOLONG ORANG LAIN, BISA JADI KAMU MEMILIKI SAVIOR COMPLEX


Sumber Foto : Anna Shvets

Jakarta – Menolong seseorang adalah tindakan yang mulia, apalagi jika kamu bisa membantunya tanpa memikirkan balas budi. Namun bagaimana jika seseorang yang ingin kamu tolong menolak dirimu? Apakah kamu akan tetap menolongnya? Atau kamu kamu akan membiarkannya?


Jika kamu memiliki keinginan untuk tetap menolong seseorang padahal orang tersebut sudah menolaknya bisa jadi kamu memiliki Savior Complex atau sebutan lainnya adalah White Knight Syndrome.


Savior Complex adalah perilaku menolong seseorang secara berlebihan dan menganggap bahwa masalahnya dapat terselesaikan dengan mengorbankan kebutuhan diri sendiri. Biasanya seseorang yang mengalami Savior Complex selalu menolong seseorang tanpa bertanya terlebih dahulu, tidak hanya itu, mereka juga akan tetap membantu meskipun orang lain sudah menolaknya. Mereka beranggapan bahwa pertolongan yang mereka lakukan akan memberikan jalan keluar dengan cepat.


Berikut merupakan 5 ciri – ciri seseorang yang memiliki Savior Complex:


1. Memiliki Tujuan untuk Merubah Seseorang

Seperti yang kita tahu bahwa kita tidak bisa dengan mudah merubah perilaku seseorang. Berbeda dengan penderita Savior Complex mereka akan mencari dan membangun hubungan dengan orang – orang yang mereka anggap perlu merubah perilaku mereka.


2. Tidak bisa Hanya Mendengarkan

Seseorang yang memiliki Savior Complex akan selalu memiliki keinginan untuk memberikan jalan keluar yang mereka anggap paling benar. Padahal sesungguhnya tidak semua orang membutuhkan solusi dari masalah mereka. Masih banyak orang yang hanya membutuhkan kehadiran dan waktu untuk mereka dapat bercerita.


3. Mengorbankan Diri Sendiri

Seseorang yang memiliki Savior Complex akan memberikan segala sesuatunya kepada seseorang yang mereka anggap butuh pertolongan. Meskipun hal tersebut juga membebani mereka. Seperti, menjual motor milik pribadi guna membantu seseorang yang mungkin anda tidak mengenalinya secara dekat.


4. Selalu Membuat Rencana

Penderita Savior Complex selalu memiliki keinginan untuk mengatur segala sesuatunya semaunya mereka. Hal ini pastinya akan memberikan dampak negatif kepada orang lain. Selain menggangu aktivitas orang lain, hal seperti ini juga membuat orang lain merasa tidak nyaman.


5. Menggurui

Ini adalah sifat penderita Savior Complex yang paling umum. Mereka merasa dan selalu menempatkan diri mereka sebagai guru. Pastinya hal ini akan membuat orang lain merasa tidak suka.



Penulis : Gita Natasha

Sumber : Taylor Grant, E. (2018). If You're Doing These 10 Things In Your Relationship, You May Have Savior Complex. Bustle. Retrieved 7 August 2020, from https://www.bustle.com/p/if-youre-doing-these-10-things-in-your-relationship-you-may-have-savior-complex-9654848.

0 views0 comments

Commentaires


Post: Blog2_Post
bottom of page