top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

KAMU MERASAKAN CEMAS BERLEBIHAN? BEGINI CARA MENGATASINYA!


Sumber Foto : Freepik – Katemangostar

Galau, cemas, takut, marah, merupakan hal yang biasa untuk manusia rasakan. Galau akibat ditinggal oleh pasangan, takut karena merasa masa depanmu berantakan, cemas akibat kamu berpikir bahwa tidak akan ada lagi yang menemanimu atau merasa marah karena yang kamu inginkan tidak terwujud. Hal tersebut amatlah wajar untuk kita rasakan. Tidak peduli mau tua atau muda setiap manusia pasti pernah merasakan hal tersebut.


Akan tetapi, tahukah kamu bahwa merasa cemas terlalu berlebihan, ketakutan berlebihan dan merasakan yang lain dengan berlebihan adalah hal yang perlu kamu perhatikan. Dengan merasa cemas berlebihan ataupun terus berpikir negatif dapat mengamcam kesehatan emosi dan fisikmu loh!

Kamu perlu mengatahui bagaimana cara mengatasi kecemasan berlebihan tersebut kamu kamu terhindar dari berbagai masalah kesehatan emosi dan fisik mu! 

1. Berkunjung ke Psikiater atau Psikolog,

Banyak orang yang menganggap bahwa berkunjung ke Psikiater atau Psikolog adalah hal yang memalukan. Akan tetapi, hal tersebut akan sangat bermanfaat jika kamu mengalami masalah kesehatan mental. Sama seperti dokter, Psikiater dan Psikolog juga akan mengobati masalah kesehatan mental mu. Dengan bantuan Psikiater atau Psikolog kamu dapat menceritakan segala hal yang terjadi dihidupmu, kamu juga perlu khawatir karena segala permasalahan yang terjadi di kehidupanmu yang kamu ceritakan kepada Psikiater atau Psikolog tidak akan terbongkar. Dijamin aman 100 %. 

Kamu juga bisa menjalankan Psikoterapi, untuk mengurangi kecemasan berlebihan kamu. Ada beberapa cara yang digunakan misalnya dengan meditasi ataupun relaksasi. Hal ini tidak bisa dilakukan sembarangan ya ! Kamu benar – benar perlu anjuran Psikiater atau Psikolog. 2. Mengatur jadwal tidur,

Biasanya kecemasan yang berlebihan terjadi pada saat malam hari. Ketika kamu sudah lelah dengan aktivitas sehari – hari dan terganggu akan segala pikiran negatif. Oleh sebab itu kamu perlu mengatur jadwal tidurmu. Kamu perlu beristirahat untuk mengurangi segala pikiran negatif. Tidak hanya mengatasi kecemasan berlebihan dirimu loh, mengatur jadwal tidur juga dapat memberikan waktu untuk organ tubuhmu beristirahat. Kamu tidak akan mudah merasa lelah!

3. Hindari Konsumsi obat – obatan terlarang, merokok dan minuman beralkohol,

Segala yang berlebihan memang tidak baik. Untuk mengatasi kecemasan berlebihanmu, kamu juga perlu mencintai dirimu banyak cara yang bisa kamu lakukan, salah satunya ada dengan tidak mengkonsumsi obat – obatan terlarang, tidak merokok dan tidak minum minuman beralkohol. Karena dengan berbagai kandungan zat yang ada dapat memicu kecemasan kamu. 4. Olahraga teratur,


Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa kecemasan berlebihan dapat mengancam kesehatan fisikmu. Oleh sebab itu, kamu perlu meluangkan waktumu untuk berolahraga. Tidak hanya menenangkan pikiranmu, olahraga juga bisa membuat badanmu lebih sehat dan bugar. 5. Curhat,

Memang sedih rasanya jika kamu memikirkan banyak hal yang mengganggu keseharianmu, karena itu kamu membutuhkan teman untuk menemanimu menjalankan hari – hari yang kamu miliki. Kamu bisa cerita kepada orang yang percayai untuk sekedar mendengarkan atau meminta saran.  Jadi, sekarang kamu tidak perlu cemas yang berlebih ketika harimu merasa menyedihkan ya! Kamu tidak sendiri, masih banyak orang yang seperti dirimu, yang perlu kamu lakukan sekarang adalah berbagai kebahagian untuk sesama. 



Penulis : Gita Natasha

Sumber :

Smith, M., Robinson, L., & Segal, J. (2019). Anxiety Disorders and Anxiety Attacks. Help Guide. Retrieved 8 July 2020, from https://www.helpguide.org/articles/anxiety/anxiety-disorders-and-anxiety-attacks.htm.


Kecemasan Berlebihan, Kenali Gejala dan Cara Efektif Mengatasinya. Alodokter. (2020). Retrieved 8 July 2020, from https://www.alodokter.com/kecemasan-berlebihan-kenali-gejala-serta-cara-efektif-mengatasinya#:~:text=Munculnya%20rasa%20cemas%20berlebihan%20ini,dan%20mengganggu%20kualitas%20hidup%20penderitanya.

2 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page