top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

JANGAN REMEHKAN PENYAKIT MENULAR SEKSUAL, KENALI GEJALANYA!


Sumber Foto : Pexels – Pain

Jakarta – Banyak orang meremehkan aktivitas seksual yang tidak bersih dan tidak aman, hal tersebut sangat beresiko karena dapat menyebabkan Penyakit Menular Seksual (PMS) atau bisa juga disebut dengan Infeksi Menular Seksual. Jenis dan gejala PMS juga sangat beragam, dari hal ringan hingga parah. Untuk itu kita perlu belajar agar mengetahui berbagai jenis dan gejala yang ada.


1. Sifilis, atau biasanya disebut dengan raja singa disebabkan oleh infeksi bakteri.

Biasanya, hal penyakit ini dapat menimbulkan luka pada alat kelamin ataupun mulut. Gejala yang akan dirasakan oleh penderita yang pertama adalah rasa sakit pada bagian bagian tertentu, nyeri diarea kemaluan dan mulut hingga terdapat ruam.

2. Gonore atau Gonorea

Penyakit ini biasanya menyerang selaput lender seperti pada vagina, penis, mulut ataupun mata. Terdapat beberapa gejala yang akan dirasakan oleh penderita penyakit ini seperti rasa terbakar saat buang air kecil, pembengkakan disertai nyeri serta adanya cairan yang keluar dari alat kelamin.

3. Human Papillomavirus (HPV)

Penyakit ini disebabkan oleh virus yang bernama HPV. Biasanya, penyakit ini dapat menyebabkan kutil diarea kelamin hingga kanker serviks pada perempuan. Penyakit ini juga dapat timbul karena adanya hubungan seksual yang tidak bersih dan tidak aman.

4. Herpes, penyakit yang satu ini biasanya cukup umum terjadi, biasanya menular dari kegiatan seks oral, vagina, ataupun anal. Gejala yang biasa dirasakan oleh penderita biasanya deman, luka diarea mulut, dan terdapat lepuhan merah di area paha bokong ataupun alat kelamin.

5. Chlamydia

Penyakit yang satu ini sebabkan oleh virus yang bernama Chlamydia trachomatis (C. trachomatis). Hal yang menjadi perbedaan penyakit ini antara penyakit lainnya adalah penyakit ini hanya dirasakan oleh para wanita. Gejala yang akan dirasakan adalah nyeri perut dibagian bawah, nyeri pinggul, merasakan sakit saat berhubungan intim dan adanya pendarahan diluar menstruasi.


Setelah kita membahas mengenai beberapa PMS, kita juga perlu mengetahui apa yang harus dilakukan untuk menghindari Penyakit Menular Seksual, yang pertama adalah mengenali pasangan masing – masing, tidak hanya dengan mengetahui silsilah keluarga atau bahkan mengenai keuangan pasangan, namun kita juga perlu mengetahui apakah pasangan kita mengidap penyakit tertentu atau tidak. Kamu juga dapat melakukan pemeriksaan rutin khususnya untuk organ reproduksi untuk mengetahui penyakit yang dimiliki oleh pasangan.

Mulai kini perlu untuk kita para wanita agar mulai mencintai diri kita dengan sepenuhnya. Selain dengan berhubungan seksual, Penyakit Menular Seksual juga dapat disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Oleh sebab itu kita perlu melakukan pencegahan sejak dini! Yuk, sekarang mulai gaya hidup sehat !








Penulis : Gita Natasha

Sumber : Penyakit Menular Seksual (PMS). ALODOKTER.COM. (2019). Retrieved 15 July 2020, from https://www.alodokter.com/penyakit-menular-seksual-pms.

0 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page