top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

INI DIA TUGAS PARA PRIA YANG BIASA DILUPAKAN


Sumber Foto : Pexels – Fauxels

Jakarta – Saat ini tindakan kekerasan memang masih merajarela disetiap belahan bumi. Indonesia saat ini masih dalam keadaan kritis khususnya dalam menghadapi tindakan kekerasan terhadap perempuan.


Dengan adanya pengabaian dan hukum yang masih belum jelas, membuat para wanita di Indonesia semakin was was akan kehidupannya. Saat seperti inilah peran laki – laki dibutuhkan, Tugas para laki – laki tidak hanya untuk bekerja. Namun juga tetap menjaga dan melindungi para wanita.


Hal tersebut ditegaskan oleh Direktur Nurani Perempuan Women’s Crisis Center (NP-WCC) Sumatera Barat Yefri Heriani, dimana mengatkan bahwa peran laki – laki sangat berguna untuk melindungi perempuan dalam menghadapi pelecehan atau tindakan kekerasan.


Sudah saatnya Indonesia bangkit dari kekerasan terhadap perempuan. Sudah saat nya laki – laki maupun perempuan untuk bergandeng tangan melawan kekerasan terhadap perempuan.

"Laki-laki sudah seharusnya mengubah cara pandangnya terhadap perempuan. Kekerasan seksual harus kita cegah sejak dalam pikiran," ujar Yefri


Berikut merupakan beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah terjadinya kekerasan terhadap perempuan:

1. Tidak takut untuk melaporkan kejadian, dengan melaporkan kepada pihak berwajib seperti polisi, Komnas Perempuan, siapa pun dapat tertolong, tidak hanya itu, Hal ini juga dapat memberikan jera kepada pelaku akibat perbuatannya.


2. Menerapkan hubungan sehat, jika kita menerapkan hubungan yang sehat terhadap orang orang disekitar kita, kita juga akan mendapatkan dampak dari apa yang telah kita lakukan. Tidak hanya dengan keluarga, hubungan yang sehat juga perlu dilakukan ketika kita bersama dengan pacar ataupun teman kita. Dengan saling menghormati dan menghargai satu sama lain akan mencegah terjadinya kekerasan terhadap perempuan.


3. Berikan pemahaman terhadap orang – orang terkait dengan kekerasan terhadap perepuan. Memberikan pemahaman yang jelas dapat dapat dimengerti dapat mengubah pola piker seseorang. Anda perlu melakukan komunikasi bersama keluarga, sahabat bahkan orang lain bahwa tindakan kekerasan terhadap perempuan adalah hal yang penting untuk dihilangkan.

Itulah beberapa tindakan yang perlu anda lakukan untuk mencegah terjadinya kekerasan terhadap perempuan. Tetaplah saling menyayangi, menghormati, dan menjaga satu sama lain untuk mempertahankan hubungan yang baik dan menghindari kekerasan terhadap perempuan.

Penulis : Gita Natasha

Sumber :

AR, M. (2015). Laki-Laki Harus Ikut Tangani Perempuan Korban Kekerasan. Liputan6. Retrieved 22 July 2020, from https://www.liputan6.com/news/read/2375411/laki-laki-harus-ikut-tangani-perempuan-korban-kekerasan.

Yang bisa kita lakukan untuk cegah kekerasan terhadap perempuan. Rappler.com. (2017). Retrieved 22 July 2020, from https://rappler.com/world/bahasa-indonesia/cara-cegah-kekerasan-terhadap-perempuan.

0 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page