top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

INI DIA PENYEBAB SELF HARM


Sumber : Pexels – Elina Krima

Jakarta – kamu mungkin tidak asing dengan orang – orang yang pernah menyakiti diri sendiri karena penyebab – penyebab tertentu. Hal ini memang sangat tidak bagus untuk kondisi psikis maupun fisik. Banyak faktor atau penyebab yang membuat orang menyakiti dirinya sendiri. Entah masalah keluarga, hidup, percintaan , karier dan permasalahan – permasalahan lainnya yang kita juga tidak tahu.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang menyakiti diri sendiri. Mulai dari bentuk meluapkan emosi mereka hingga kebencian mendalam terhadap diri sendiri. Berikut ini adalah beberapa penyebab perilaku self-harm. Mari kita simak agar kalian tahu.

1. Mengatasi stres

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa seseorang dengan stress yang menumpuk hingga pada tingkatan yang tidak dapat ditoleransi, dapat berisiko untuk melepaskan stress tersebut dengan melukai diri sendiri.

2. Pelecehan seksual pada masa kecil

Adanya hubungan yang kuat antara pelecehan seksual pada masa kecil dan perilaku menyakiti diri sendiri pada masa dewasa. Biasanya korban pelecehan seksual di masa kecil memiliki risiko tinggi mengalami depresi dan menjadikan tindakan melukai atau merusak diri sendiri sebagai pelampiasan.

3. Pelampiasan saat menjadi korban perundungan

Korban perundungan pada usia remaja lebih berisiko melukai diri mereka sendiri. Hal ini terjadi karena remaja tidak memiliki kemampuan layaknya orang dewasa dalam mengatasi stress sehingga mereka memilih menyakiti diri sendiri.

4. Bentuk kebencian terhadap diri sendiri

Ada studi yang menunjukkan bahwa mereka yang kerap merasa rendah diri hingga membenci diri sendiri lebih berisiko untuk melukai diri mereka sendiri. Salah satunya adalah korban pelecehan seksual pada masa kecil cenderung tumbuh dengan rasa percaya diri yang sangat rendah. Mereka bahkan dapat menyalahkan diri sendiri atas apa yang terjadi sehingga menjadikan self-harm sebagai pelampiasannya.

5. Melampiaskan emosi

Amarah atau kesedihan yang mendalam, dapat menjadi penyebab seseorang menyakiti diri sendiri. Bahkan bagi sebagian orang, rasa sakit karena menyakiti diri sendiri dilakukan untuk menggantikan rasa sakit yang mereka alami.

Contohnya, terlalu merasa sakit dan sedih karena ditinggal oleh seseorang yang sangat dicintai dan terus menyalahkan diri sendiri sehingga memutuskan untuk menyakiti diri sendiri.

Tindakan melukai diri sendiri juga mencerminkan kesedihan yang mendalam hingga putus asa. Selain itu, sebagian orang bahkan beranggapan bahwa mencelakakan diri sendiri lebih baik daripada merasa hampa atau mati rasa.

Nah itu dia beberapa penyebab orang – orang bisa melakukan self harm. Sebaiknya jika kalian melihat ada orang terdekat kamu yang melakukan self harm kamu harus segera menolongnya dan apabila jika kamu yang pernah melakukan self harm sebaiknya kamu secepat mungkin minta pertolongan kepada orang yang kamu percaya.







Sumber : Bisa Berbahaya, Ini Penyebab Self Harm dan Cara Mengatasinya | SehatQ. (2020). from https://www.sehatq.com/artikel/memahami-self-harm-perilaku-menyakiti-diri-sendiri-yang-berbahaya

0 views0 comments

Commenti


Post: Blog2_Post
bottom of page