top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

Ingin Melaporkan Kekerasan Secepat Mungkin? Ini Dia Caranya!


Sumber : Pinterest – Sheila Wray

Jakarta – Dari Tahun ke Tahun memanglah angka kekerasan yang terjadi di Indonesia ini semakin meningkat. Apalagi kondisi pandemi saat ini sangat memungkinkan banyaknya tindak kejahatan yang terjadi. Khusus nya para perempuan memang harus sangat berhati – hati dan memang pelaku tindak kejahatan pun kita tidak tahu apakah mereka orang yang kita kenal atau bukan. Tetapi jangan takut karena sekarang Indonesia ada Call Center darurat seperti “911”. Di Indonesia kita cukup tekat “112’ untuk layanan darurat apapun.

Rencana penyediaan nomor tunggal untuk keadaan darurat ini sedang digarap oleh Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika. Lalu untuk pendanaan dan penyediaan aplikasinya digarap Balai Penyedia dan Pengelolaan Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BPPPTI) di Kemen. Nomornya telah ditetapkan yaitu “112”.

Jika melihat tindak Kriminal, kebakaran, butuh ambulans, tindak kekerasan terhadap wanita maupun anak dan sebagainya itu kita bisa menghubungi “112’. Seperti 911 di luar negri. Nomor 911 tidak bisa digunakan untuk nomor tunggal karena penomoran panggilan telepon dengan awalan nomor "9" telah digunakan oleh perusahaan telekomunikasi Bakrie Telecom.

Proyek awal nomor tunggal untuk keadaan darurat akan diterapkan di 10 kota, antara lain Denpasar, Surabaya, Lombok, Batam, Makassar, Depok, Bogor, Tangerang Selatan, dan Balikpapan.

Selain itu, Jika adanya korban kekerasan seperti KDRT ataupun Pelecehan seksual bisa langsung melaporkan di Aplikasi seperti Wadool DP3A yang bisa di unduh di Play Store, kemudian bisa juga langsung melaporkan ke Komnas Perempuan, Kpai, dan masih banyak layanan – layanan pengaduan yang dapat kamu temui.

Langkah yang akan kamu ambil tergantung kepada siapa kamu mempercayakan untuk mengadukan kekerasan yang terjadi. Sebaiknya juga para perempuan bisa siap siaga sebelum hal yang tidak diinginkan bisa terjadi.


Penulis : Cut Zahra

Sumber : KOMINFO, P. (2020). Untuk Darurat, Pemerintah Siapkan Nomor '911' Ala Indonesia. from https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/5615/Untuk-Darurat--Pemerintah-Siapkan-Nomor--911--Ala-Indonesia/0/sorotan_media

0 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page