top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

INDONESIA RAWAN PEMBUNUHAN PADA WANITA?


Sumber : Pinterest – Scare Street

Jakarta – Ladies! Kamu wajib harus hati – hati di zaman sekarang ini. Pembunuhan wanita di Indonesia semakin tinggi. Sudah banyak kasus pembunuhan terhadap wanita yang terjadi di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Indonesia Police Watch (IPW) menyatakan, angka itu menunjukkan kejahatan terhadap perempuan semakin meningkat. Tragisnya, sebagian korban dari belasan kasus itu diperkosa sebelum dibunuh, 11 kasus di antaranya dibuang begitu saja di jalanan. Memang hal ini tentu sangat mengerikan ya.

Pada tahun 2014 lalu, Ketua Presidium IPW, Neta S Pane menyebutkan, belasan kasus pembunuhaan terhadap kaum wanita itu terjadi pada periode Januari sampai dengan Maret 201 dan rata-rata para korbannya masih berusia muda.

Pada tahun 2014 lalu, Sebanyak 12 kasus menimpa korban dengan usia antara 14 tahun sampai 25 tahun. Sementara itu, usia 30 tahun sampai 51 tahun juga ada. Menurut Neta S Pane, Jakarta termasuk sebagai kota yang tidak aman bagi wanita. Ia berkata "Ibukota Jakarta ternyata semakin tidak aman bagi kaum perempuan. Terbukti dalam tiga bulan terakhir, angka pembunuhan terhadap perempuan terus meningkat,". Dari beberapa kasus pembunuhan terhadap wanita itu, Di antaranya dilakukan orang dekat korban, di antaranya suami, pacar, mantan pacar, kenalan, tetangga, keponakan, dan karyawan korban. Neta juga berkata "Motif pembunuhan dikarenakan faktor yang berbeda-beda. Mulai dari masalah ekonomi hingga cemburu buta. Tapi umumnya disebabkan hal sepele yang tidak masuk akal, yakni diputus cinta dan menolak diajak kencan,".

Meski sebagian terjadi di wilayah penyangga Ibu Kota, kasus pembunuhan ini menurutnya masuk di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Dari beberapa kasus pembunuhan terhadap perempuan yang terjadi masih ada di antaranya yang belum terungkap dan pelakunya masih bebas berkeliaran. Selain itu, ada korban – korban yang tidak bisa dikenali karena tanpa identitas. Polda Metro Jaya memang perlu bekerja lebih keras lagi untuk menyelesaikan kasus yang belum terungkap.

Maka dari itu, sebaiknya para wanita agar lebih berhati-hati terhadap keselamatan dirinya dan termasuk mengetahui berbagai motif para pelaku kejahatan. Dan jika memang ingin berjanjian Bersama seseorang yang sekiranya tidak meyakinkan sebaikanya memang harus membawa teman atau kerabat yang bisa diajak Bersama. Ingat jangan terlalu mudah percaya sama orang ya ladies!

Penulis : Cut Zahra

Sumber : Media, K. (2020). IPW: Kasus Pembunuhan Meningkat, Jakarta Tak Aman untuk Perempuan.from https://megapolitan.kompas.com/read/2014/03/31/1157002/IPW.Kasus.Pembunuhan.Meningkat.Jakarta.Tak.Aman.untuk.Perempuan

5 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page