top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

HINDARI KEBIASAAN INI JIKA KAMU SEDANG STRESS


Sumber : Pexels.com - Yan

Jakarta – Setiap orang tentunya pernah mengalami stress. Terkadang setiap masalah yang kita hadapi bisa menimbulkan efek stress, dan sangat amat mengganggu pikiran. Stress adalah sebuah tekanan psikologis dan fisik yang bereaksi ketika menghadapi situasi yang dianggap berbahaya. Dengan kata lain, stress merupakan cara tubuh Anda menanggapi jenis tuntutan, ancaman, atau tekanan apa pun.


Dalam bentuk yang paling parahnya, tekanan psikologis serta fisik ini bisa bikin tubuh Anda menerima efek yang bisa menambah kekuatan Anda ataupun merugikan diri sendiri. Misalnya mendorong Anda untuk menginjak rem guna menghindari kecelakaan. Secara tidak langsung, tekanan psikologis dan fisik ini dapat membuat Anda berupaya menyelamatkan diri Anda pada sesuatu yang mendesak dan berbahaya. Lalu apa sajakah kebiasaan –kebiasaan yang harus Anda hindari jika Anda sedang stress?


1. Kebiasaan tidur buruk Dilansir dari Hellosehat.com, sebuah penelitian tahun 2012 dalam jurnal Experimental Neurobiology mengatakan kebiasaan tidur yang buruk bisa membuat hormon stres ikut melonjak.


2. Sering melamun Terus merenungkan kesalahan Anda merupakan salah satu kebiasaan yang dapat membuat stres semakin parah. Akibatnya, Anda kurang memperhatikan kualitas hidup Anda.


3. Sering makan makanan cepat saji Dilansir dari laman Harvard Health Publishing, orang yang sedang stres biasanya merespons peningkatan hormon kortisol ini dengan makan lebih banyak. Hal tersebut mungkin dikarenakan kadar kortisol yang tinggi memengaruhi sensasi lapar pada tubuh. Akibatnya, orang yang stres akan mencoba mengatasinya dengan makan, terutama makanan cepat saji yang membuat Anda berisiko memiliki berat badan berlebih.


4. Mengabaikan stres Langkah pertama dalam mengelola stres adalah menyadari rasa stres itu, baru setelah itu Anda mencari tahu penyebab utama munculnya stres tersebut, mencari solusi dan mengatasinya secara perlahan.

Stress dapat menyerang seseorang pada usia berapa pun. Hal in dapat dikendalikan dengan mengurangi faktor risiko Anda. Jika Anda merasa stres sudah mengendalikan kehidupan Anda, coba untuk mencari tahu bagaimana mengelola stres dengan baik. Anda bisa diskusikan dengan psikolog ataupun dokter.

Penulis : Stella Bella

Sumber : Hindari Kebiasaan Ini Saat Anda Sedang Stres. (2020). Retrieved 19 July 2020, from https://www.beritasatu.com/kesehatan/581732-hindari-kebiasaan-ini-saat-anda-sedang-stres. Umum, d., & Joseph, N. (2020). Stress : Gejala, Penyebab, dan Pengobatan | Hello Sehat. Retrieved 19 July 2020, from https://hellosehat.com/kesehatan/penyakit/stress/

0 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page