top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

FAKTOR PENYEBAB PASANGAN ANDA SELINGKUH


Sumber Gambar: Pexels.com – Roman Odintsov


Jakarta – Membangun sebuah hubungan dengan pasangan untuk setia dan serius memang tidaklah mudah. Suatu hubungan pasti akan melewati setiap masalah yang berbeda-beda. Untuk menjadi pasangan yang jujur dan terbuka mungkin merupakan suatu kunci utama,menghindari perselingkuhan. Terkadang perselingkuhan hadir karena rasa bosan, rasa penasaran, rasa ingin memiliki, dank arena konflik internal hubungan yang terjadi. Selingkuh bisa dilakukan oleh wanita maupun laki-laki, mulai dari berpacaran bahkan sampai menikahpun perselingkuhan bisa terjadi.

Tentunya jika pasangan kita mengetahui apabila ketahuan berselingkuh pastinya hati akan terasa sakit dan kecewa. Cinta yang sudah dibangun selama bertahun-tahun pun dapat luntur karena adanya perselingkuhan.perselingkuhan juga membuat ikatan suci hubungan menjadi rusak. Ada penelitian menarik terkait penyebab pasangan selingkuh. Dilansir dari today.com, Dylan Selterman seorang psikolog sosial di Universiy of Maryland dan ketua penulis penelitian yang dipublikasikan di The Journal of Sex Research mengatakan, "Salah satu mitos terbesar dalam huhungan adalah orang-orang berpikir, 'Oh, pasanganku dulu pernah berselingkuh karena ada sesuatu yang salah. Masalahnya berasal dari diriku atau dari hubungan ini.' Tapi sebenarnya kasusnya bukan itu." Selterman menjelaskan lebih lanjut lagi bahwa dalam hubungan yang tampak baik-baik saja pun bisa terjadi perselingkuhan karena munculnya hasrat. Apa faktor alasan yang mendasari seseorang tidak setia pada pasangan dan berniat untuk selingkuh ;




1. Kurangnya Cinta

Hubungan terasa membosankan dan stagnan. Kurangnya cinta bisa menjadi alasan seseorang untuk selingkuh. Saat kita merasa pasangan kita bukan belahan jiwa kita, di situ bisa muncul keinginan untuk mendua.


2. Hasrat Seksual

Dalam pernikahan misalnya, ketidakpuasan dalam hubungan seks bisa menjadi penyebab pasangan selingkuh. "Kami juga menemukan orang-orang mungkin tertarik untuk coba-coba karena berkaitan dengan orientasi atau identitas mereka," papar Selterman. Tidak lagi merasa ada dorongan seksual atau ingin mencoba sesuatu yang tidak bisa didapat dari pasangan, hal tersebut bisa menyebabkan pasangan untuk mendua.


3. Terlalu sering bekerja

Menurut salah satu jajak pendapat mengenai topik ini, lebih dari 1/3 orang yang berselingkuh adalah pelaku bisnis serius yang biasa menipu perempuan tercinta mereka selama perjalanan bisnis.


4. Lunturnya Perhatian

Tidak merasa dihargai. Tidak merasa diperhatikan lagi. Seseorang bisa berselingkuh saat dirinya merasa diabaikan oleh pasangannya.


5. Situasi

Situasi tertentu bisa menyebabkan seseorang berselingkuh. Apalagi bila kondisi tubuh dan pikiran tidak stabil seperti sedang stres, dorongan untuk melakukan eksplorasi atau coba-coba berselingkuh bisa muncul.


6. Ingin Mencari "Variasi"

Merasa hidup hanya sekali bisa menjadi alasan seseorang untuk berselingkuh. Mencari variasi menjadi salah satu alasan untuk mendua. Ingin mendapatkan pengalaman seksual dengan banyak pasangan menyebabkannya selingkuh.


7. Komitmen yang rendah

Pada dasarnya ia memang belum berani berkomitmen. Ia tak bisa memegang komitmen. Meski sudah menjalin sebuah hubungan, bila tak punya komitmen kuat maka godaan untuk selingkuh akan lebih besar.


8. Balas Dendam

Motif balas dendam bisa jadi penyebab pasangan selingkuh. Misalnya karena dia dulu pernah kita selingkuhi, maka dia memutuskan untuk selingkuh juga untuk balas dendam. Rasa marah dan ingin balas dendam bisa memicu seseorang berselingkuh dari pasangannya.

Perselingkuhan adalah perilaku yang tidak baik yang menodai rasa cinta suci kita terhadap pasangan. Faktor diatas adalah beberapa penyebab mengapa pasangan kita bisa berselingkuh. Semoga saja kalian yang menjalankan hubungan dengan kekasih kalian tidak ada niat berselingkuh.








Penulis : Stella Bella

Sumber : Hasan, R. (2020). Terungkap, 8 Faktor Penyebab Pasangan Selingkuh. https://www.liputan6.com/global/read/3412433/terungkap-8-faktor-penyebab-pasangan-selingkuh

Wijayanti, E. (2020). 8 Penyebab Pasangan Selingkuh dan Menodai Kesucian Cinta. https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/4016613/8-penyebab-pasangan-selingkuh-dan-menodai-kesucian-cinta

2 views0 comments

Comentários


Post: Blog2_Post
bottom of page