top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

DUGAAN MENTERI BINTANG MENGENAI KASUS KEKERASAN PEREMPUAN DAN ANAK


Sumber Foto : Google

Jakarta – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), I Gusti Ayu Bintang Puspayoga mengatakan bahwa pada kenyataannya masih banyak kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak yang tidak dilaporkan kepada aparat penegak hukum.

Tidak hanya itu, menurut beliau tidak sedikit juga kasus kekerasan pada perempuan dan anak yang diselesaikan diluar penegak hukum.

"Masih banyak kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak yang tidak dilaporkan atau diselesaikan secara hukum. Hal ini yang memicu fenomena gunung es kasus kekerasan," ujar Bintang, dikutip dari siaran pers Kemen PPPA, Selasa (11/8/2020) dalam acara sosialisasi kebijakan PPA dan optimalisasi peran unit PPA bersama unit PPA Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Menurut beliau, dengan banyaknya kasus yang tidak diketahui dan tidak terselesaikan membuat permasalahan kekerasan terhadap perempuan dan anak semakin rumit. Hal tersebut ia sampaikan dalam kegiatan Sosialisasi Kebijakan PPA (Perlindungan Perempuan dan Anak) dan Optimalisasi Peran Unit PPA.

Menurutnya, hal yang perlu dimaksimalkan dalam mencapai pelayanan bagi kekerasan terhadap perempuan dan anak adalah efisiensi dan efektivitas pelayanan. Bintang menjelaskan bahwa perlu adanya respon cepat dan tepat bagi pelayanan pada korban kekerasan.

"Pelayanan bagi korban kekerasan harus diprioritaskan dan tidak boleh berlarut larut dalam hal administrasi dan prosedur. Kedua, penyediaan layanan yang berperspektif korban,” tutur beliau

Tidak hanya itu, Menteri Bintang juga menjelaskan bahwa penanganan terhadap pelaku kekerasan dari akar masalah dan keadilan bagi para korban agar membuat pelaku kekerasan menjadi jera.


“Bersinergi dan kerja sama adalah kunci pencegahan dan penanganan kekerasan terhadap perempuan dan anak. Untuk itu kami mengajak jajaran Polri, khusus Bareskrim dan Unit PPA untuk bersama memberikan pelayanan optimal bagi perempuan dan anak di seluruh Indonesia”, ucapnya.


Penulis : Gita Natasha

Sumber : Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menteri PPPA: Banyak Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak Tak Dilaporkan ke Penegak Hukum", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2020/08/11/11115261/menteri-pppa-banyak-kasus-kekerasan-perempuan-dan-anak-tak-dilaporkan-ke?page=all. Penulis : Deti Mega Purnamasari Editor : Krisiandi

1 view0 comments

留言


Post: Blog2_Post
bottom of page