top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

DAMPAK STRES PADA WANITA,YANG HARUS KAMU KETAHUI


Sumber : Pexels.com –NEOSiAM 2020

Jakarta – Wanita terkadang sering mengalami stress ketika di hadapkan dengan sebuah persoalan dari situasi kecil sampai besar. Karena wanita selalu memakai perasaan untuk menerima sebuah pikiran yang terkadang bertolak menjadi stress. Situasi dan tekanan psikologis yang memicu munculnya stress dikenal sebagai stressor. Ada beberapa penyebab, yaitu alasan eksternal, alasan internal, dan stress pasca-trauma. Stress sendiri merupakan sebuah tekanan psikologis dan fisik yang bereaksi ketika menghadapi situasi yang dianggap berbahaya.


Terdapat pula stres yang bersifat negative, stres berat atau stres yang mengganggu kesehatan ini bisa menimbulkan masalah psikologis, seperti depresi dan gangguan cemas, dan gangguan fisik. Karena itu, stres yang menimbulkan masalah kesehatan tersebut perlu segera ditangani. Sebagai Wanita kalian wajib tahu dampak apa saja yang akan dialami Wanita jika sedang stress?


1. Siklus menstruasi tidak teratur

Beban pikiran yang terlalu berat ternyata dapat memengaruhi siklus menstruasi. Saat kamu sedang stres, bagian otak yang berfungsi mengatur siklus menstruasi (hipotalamus) akan menjadi terganggu.

2. PMS semakin parah

PMS (Premenstrual syndrome) adalah sekumpulan gejala dan keluhan yang dirasakan wanita menjelang menstruasi. Pada beberapa wanita, gejala ini bisa dirasakan hingga masa menstruasi usai.

3. Masalah pada kulit

Selain pikiran, ternyata stres juga dapat berpengaruh pada kondisi kulit. Stres dapat menyebabkan peningkatan produksi hormon kortisol yang bisa memicu produksi minyak berlebih pada kulit.sering kali wanita lupa atau enggan merawat kulit saat sedang stres. Kedua hal inilah yang dapat memicu munculnya beberapa masalah pada kulit, salah satunya adalah jerawat.


4. Masalah psikologis

Ladies, stres jangan dibiarkan terlalu lama dan berlarut-larut, ya. Stres yang tidak teratasi bisa membuat wanita rentan mengalami masalah psikologis, seperti depresi, gangguan cemas, dan mudah emosi.


5. Gangguan tidur

Stres pada wanita juga bisa memengaruhi pola tidur. Wanita yang sedang mengalami stres cenderung sulit tidur atau sering terbangun secara tiba-tiba di sela waktu tidur.


6. Masalah pada kulit

Selain pikiran, ternyata stres juga dapat berpengaruh pada kondisi kulit. Stres dapat menyebabkan peningkatan produksi hormon kortisol yang bisa memicu produksi minyak berlebih pada kulit.

Untuk menangani stress, mulailah dengan mencari tahu apa yang membuat kamu stres. Setelah itu, cari cara terbaik untuk menangani stres tersebut sesuai dengan penyebabnya. Kamu bisa bertukar pikiran dengan orang yang kamu percayai. Ceritakan apa yang membuatmu cemas kepada keluarga atau pasangan

Penulis : Stella Bella

Sumber : Dampak Stres pada Wanita yang Harus Diketahui. (2020). Retrieved 19 July 2020, from https://www.alodokter.com/efek-berbahaya-bila-kamu-stres-sebelum-hamil. Umum, d., & Joseph, N. (2020). Stress : Gejala, Penyebab, dan Pengobatan | Hello Sehat. Retrieved 19 July 2020, from https://hellosehat.com/kesehatan/penyakit/stress/

0 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page