top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

DAMPAK - DAMPAK KESEHATAN MENTAL YANG BISA TERJADI SETELAH TERKENA WOMEN ABUSIVE


Sumber : Pexels – Polina Zimmerman

Jakarta – Orang yang terlibat dalam women abusive, tidak menyadari seberapa besar dampak kerusakan yang mungkin ditimbulkan. Efek dari kekerasan ini dapat mempengaruhi kualitas kehidupan dan karakter Anda. Kondisi emosional dan psikologis yang kacau Rasa takut dan cemas mungkin akan berlanjut sampai di kesehatan mental Anda. Anda mungkin akan lebih tertutup, hal ini berdampak tidak baik untuk hubungan kedepannya.

Perlakuan abusive yang terus menerus Anda dapatkan akan membuat Anda sulit untuk menjalani kehidupan dari sebuah hubungan. Walaupun dampak secara emosional tidak terlihat langsung dan mungkin saja tidak ada bekas fisiknya, namun hal ini dapat merusak kesejahteraan Anda sebagai individu. Berikut ini dampak-dampak kesehatan mental yang dapat terjadi kepada korban women abusive, dalam hubunganya Menurut Journal of Woman’s Health, “seseorang bisa berisiko terkena depresipikiran ingin bunuh diripost traumatic disorder, dan penyalahgunaan zat.”.

1. Depresi

Depresi adalah kondisi yang meliputi depresi berat atau depresi klinis. Kondisi ini juga bisa digambarkan sebagai suatu kelainan mood yang menyebabkan perasaan sedih dan hilang minat yang terus-terusan menghantui. Depresi bisa memengaruhi perasaan Anda, cara berpikir dan berperilaku. Depresi suatu kondisi yang umum terjadi di masyarakat. Menurut penelitian, kondisi ini terjadi pada 80% orang pada beberapa waktu dalam hidupnya dan dapat terjadi pada usia berapa pun. Biasanya, depresi lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan laki-laki.


2. Bunuh diri

mental seseorang bisa dibangun dari bagaimana pengalaman seumur hidupnya dijalani. Bunuh diri sering menjadi jalan pilihan terakhir ketika seseorang merasa masalah hidupnya tidak bisa terselesaikan, Apalagi dalam kasus women abusive.


3. Post Traumatic Stress Disorder (Ptsd)

Post-traumatic stress disorder atau PTSD (gangguan stres pascatrauma) adalah kondisi mental di mana Anda mengalami serangan panik yang dipicu oleh trauma pengalaman masa lalu. Mengalami kejadian traumatis adalah hal yang berat bagi siapapun. Namun, sejumlah orang lanjut mengidap PTSD setelah mengalami peristiwa yang menyakitkan atau mengejutkan, seperti kecelakaan, insiden yang mengancam nyawa, atau hubungan abusive.


Women abusive bisa menimpa siapapun yang hubungan nya tidak sehat. Dampak-dampak diatas adalah hal yang harus kita hindari dalam hubungan abusive agar tidak merusak kesehatan mental kita. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda mengetahui dampak yang terjadi karena women abusive.





Penulis : Stella Bella

Sumber : Setiawan, d., & Pratiwi, R. (2020). Mengetahui Jika Anda Berada Dalam Hubungan yang Abusive • Hello Sehat. https://hellosehat.com/hidup-sehat/psikologi/ciri-hubungan-abusive-/

1 view0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page