top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

CIRI-CIRI WANITA BERADA DALAM HUBUNGAN YANG TOXIC ATAU TIDAK SEHAT


Sumber Gambar: Pexels.com – Engin Akyurt

Jakarta – Membangun hubungan dengan pasangan tidaklah mudah ketika dihadapkan dengan berbagai persoalan.. Apabila hubungan yang sedang Anda jalani, menghambat anda kedepannya baik secara produktif,sehat dan bahagia, maka hubungan tersebut sebagai toxic relationship. Toxic relationship adalah suatu hubungan yang tidak sehat dan merugikan diri sendiri maupun keduanya. Terkadang sang kekasih akan memberikan peraturan untuk wanita pasangannya.

Wanita yang menganggap hubungan nya masih bisa dipertahankan terkadang tidak menyadari, bahwa sudah terjebak dalam toxic relationship. Bahkan wanita yang mengalami hubungan toxic tersebut bisa terkena dampak kesehatan mental maupun fisik. Mulai dari pribadi sampai luar lingkungan. Tidak semua hubungan dapat memberikan efek yang baik untuk diri sendiri maupun keduanya. Semakin terus hubungan tidak sehat itu dijalankan oleh Wanita perlahan hubungan itu akan menyakiti dan membuat wanita kian hari makin tertekan, baik secara mental, fisik, verbal bahkan finansial.

Berikut ini ciri-ciri seorang Wanita berada dalam hubungan yang toxic atau tidak sehat :

  1. Overprotective atau terlalu posesif dan mengatur. Kebanyakan pasangan akan mengekang kebebasan pasangannya, mengatur wanita nya untuk melakukan kegiatan yang hanya diperbolehkan.

  2. Kecemburuan yang berlebihan. Contoh seorang wanita yang mempunyai sahabat laki-laki cenderung akan dilarang oleh pasangannya. jika rasa cemburu ditunjukkan terus menerus, makah tentu hal tersebut tidaklah benar. Kamu tidak bebas dalam bergaul dan memiliki relasi yang luas.

  3. Tidak saling mendukung satu sama lain. Hubungan Anda dan pasangan, dapat dibilang tidak sehat apabila sudah tidak lagi mendukung satu sama lain untuk mencapai cita-cita atau tujuannya. Hubungan yang sehat, seharusnya dapat memberikan dampak positif di aspek-aspek kehidupan, termasuk aspek profesional, dan bukan sebaliknya. 

  4. Tidak menjadi diri sendiri. Kamu mengubah dirimu sendiri hanya untuk menyenangkan pasanganmu. Hanya untuk meyakinkannya bahwa kamu nurut dan komitmen padanya.

  5. Terancam perlakuan kasar. Pasangan selalu menggunakan kata-kata kasar, bahkan sampai dengan sengaja menyakitimu secara fisik saat emosional. 

Bila kamu berada dalam hubungan yang toxic, cobalah kamu untuk cerita dengan orang yang memang kamu percaya. Agar bila kamu merasa tertekan bisa berkurang dengan bercerita. Dan sebaiknya bila memang sudah dalam batas yang sangat merugikan diri kamu, sebaiknya segera kamu memutus hubungan kamu. Bila pasangan sama-sama saying dan serius pastilah harus saling mengerti, menerima dirimu apaadanya, dan tidak membuat dirimu kehilangan jatidirimu. Atau bahkan kamu sendiri yang harus merubahnya menjadi lebih baik.

Penulis : Stella Bella


0 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page