top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

CIRI-CIRI MENTAL ILLNES PADA SESEORANG


Sumber : Unspalsh.com – Anthony Tran

Jakarta – Ada sebagian orang mungkin yang belum mengetahui mengenai Mental Illnes. Bagi yang belum tahu kalian harus tau ya dan terus baca artikel ini sampai habis. Kondisi mental kita terdapat dari dasar emosi yang memengaruhi aktivitas sehari-hari, termasuk cara berpikir, berkomunikasi, belajar, ketahanan psikologis dan rasa percaya diri. Ketika seseorang mengalami tekanan mental yang sangat mengganggu sehingga menghambat aktivitas, maka kondisi tersebut bisa jadi termasuk mental illness. Lalu, apa itu sebenarnya mental illness?

Mental illness atau gangguan kejiwaan adalah gangguan mental, perilaku dan emosional, yang menyulitkan Anda bekerja, bersosialisasi, dan beraktivitas lain. Sama seperti penyakit fisik yang berbeda-beda jenis dan tingkat keparahannya, gangguan kejiwaan pun memiliki beberapa jenis. Tinggal di kota besar dan menjalani berbagai aktivitas, ternyata bisa memengaruhi kesehatan mental seseorang. Penelitian menunjukkan, dibandingkan dengan suasana pedesaan, kaum urban kota memiliki risiko 21% lebih tinggi terhadap gangguan kecemasan atau anxiety disorder, serta 39% lebih tinggi mengalami mood disorder atau gangguan perubahan suasana hati. Berikut ini adalah ciri-ciri mental illnes pada seseorang:


1. Sering merasa sedih dan tidak punya harapan

Sering merasa sedih dan tidak memiliki harapan, seperti mengucilkan diri selama lebih dari dua minggu, hati hatilah kalau sebenarnya mentalmu sedang terganggu.


2. Munculnya keinginan mengakhiri hidup

Jika kamu memiliki keinginan atau niatan untuk bunuh diri, bisa jadi kamu mengalami gangguan terhadap mental.

3. Tidak bisa mengendalikan diri sendiri

Suka marah dan teriak teriak histeris hanya karena hal kecil dan sering melakukan tindakan yang beresiko.

4. Sering takut akan sesuatu tanpa alasan

Sering muncul rasa takut tidak beralasan bahkan merasakan sesak nafas itu bisa terjadi karena mental mu yang sedang tidak stabil

5. Perubahan pola makan yang drastic

Berhenti makan dan suka memuntahkan makanan.

6. Mood Swing

Suasana hati yang bisa berubah kapan saja. Bisa sangat bahagia, sedih, mudah tersinggung dan marah marah gak jelas.

Itu dia ciri-ciri nya, dan bila kamu mengalaminya ada beberapa metode untuk membantu orang-orang dengan masalah kesehatan mental. Yaitu dengan psikoteraphy dan pengobatan.




Penulis : Stella Bella

Sumber : Mental Illness? Better You Know and Sharing. (2020). Retrieved 24 July 2020, from https://www.suara.com/yoursay/2019/01/16/140000/mental-illness-better-you-know-and-sharing. Apa Itu Mental Illness dan Jenis-jenis Gangguannya? | SehatQ. (2020). Retrieved 24 July 2020, from https://www.sehatq.com/artikel/apa-itu-mental-illness-ini-penjelasan-lengkapnya.

0 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page