top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

CARA MENGATASI GALAU AKIBAT PUTUS CINTA


Sumber Foto : Unsplash – Eric Ward

Galau akibat putus cinta adalah hal yang dipenuhi oleh berbagai emosi. Putus cinta bisa sangat menyakitkan karena kita kehilangan bukan hanya karena seseorang yang kita cinta namun dari berbagai investasi yang telah kita berikan, komitmen, waktu, mimpi mimpi yang telah direncanakan, uang, tenaga dan masih banyak lagi. 


Perpisahan memang sangat menyakitkan, membuat segala aktivitas terganggu. Terkadang juga kita berpikir bahwa bagaimana hidupku kedepannya tanpa dia? Anda berpikir apakah anda akan hidup sendirian?

Namun anda juga perlu ingat bahwa anda dapat melewati hal ini, pengalaman yang sulit yang membuat hidup anda terganggu. Anda masih memiliki harapan dan optimism yang telah diperbaharui.

Berikut merupakan hal yang perlu anda perhatikan jika anda sedang galau akibat putus cinta:

1. Jangan melawan perasaan anda, normal jika anda merasa sedih, terlalu banyak amarah, ketakutan, bingung. Anda tidak perlu takut untuk mengakui bahwa anda merasakan hal tersebut. 

2. Bicarakan tentang perasaan anda, meskipun sulit bagi anda untuk membicarakan perasaan anda kepada orang lain, sangatlah penting untuk menemukan cara untuk melakukannya ketika anda sedang galau. Jika memang anda sulit untuk melakukan hal ini, anda dapat menulis segala perasaan anda di jurnal ataupun dengan hasil karya anda.


3. Ingatlah, Move On adalah tujuan akhir, mengekspresikan perasaan anda akan membebaskan anda dari segala pikiran yang mengganggu anda. Anda memiliki hak untuk tetap bergerak maju dan terus menjalani hidup anda.

4. Ingatlah, anda masih memiliki masa depan, Ketika Anda berkomitmen pada orang lain, Anda menciptakan banyak harapan dan impian untuk hidup bersama. Setelah putus, sulit untuk melepaskan aspirasi tersebut. Tetapi anda harus tetap ingat bahwa masa depan anda masih panjang. Masih banyak hal hal penting yang menunggu anda di depan. 

5. Perhatikan diri anda, biasanya ketika seseorang sedang dalam perasaan galau mereka lebih tidak peduli sekitar bahkan dirinya sendiri, akan tetapi hal itu perlu diubah, anda perlu membuat diri anda kembali seperti anda yang dulu yang selalu bahagia. Anda dapat memulai dari memperhatikan apa yang anda perlukan, tetap pada rutinitas anda, berikan diri anda waktu untuk mempunyai ketenangan, anda bisa pergi kesuatu tempat atau pun hanya sekedar berbelanja. Anda juga dapat mencari hobi baru selagi anda sedang dalam masa pemulihan dari kegalauan anda.

Penulis : Gita Natasha

Sumber : Segal, J., Kemp, G., & Smith, M. (2020). Dealing with a Breakup or Divorce. Help Guide. Retrieved 30 June 2020, from https://www.helpguide.org/articles/grief/dealing-with-a-breakup-or-divorce.htm.

0 views0 comments

Comentários


Post: Blog2_Post
bottom of page