top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

CARA MENENANGKAN PIKIRAN AGAR JAUH DARI STRESS


Sumber Gambar: Pexels.com – Andrea Piacquadio

Jakarta – Setiap orang pasti pernah mengalami stres, entah itu stres level ringan atau akut. Gangguan mental ini tidak hanya berdampak pada kondisi psikis. Stres juga bisa berpengaruh pada setiap kegiatan yang kita lakukan. Yang dapat memicu stress adalah karena pikiran kita yang bercampur dengan perasaan atau mood yang gampang berubah dan berefek ke dalam otak sengiingga menimbulkan stress.


Dengan datangnya beban rohani ini, orang tersebut harus bertindak, menyesuaikan, serta mengontrol segala sesuatunya agar seimbang. Karena stres termasuk reaksi yang normal akibat adanya tekanan hidup, maka setiap orang mulai dari yang dewasa, remaja, hingga anak-anakpun pasti akan mengalaminya. Karena itu jangan abaikan stres yang Anda rasakan segera cari tahu penyebab dan cara menghilangkan stres yang paling tepat. Jika memang kesulitan untuk menghilangkan stres, maka penting untuk segera mencari bantuan pada profesional.


1. Jangan nethink (negative thinking)

Cobalah untuk menganggap bahwa segala kecemasan itu sebagai persepsi saja, bukan fakta. Sebenarnya ketika cemas, pikiran sedang berusaha melindungi diri dengan memprediksi kemungkinan-kemungkinan yang mungkin saja terjadi. Namun hanya karena sesuatu bisa terjadi, tidak berarti kecemasan itu akan mewujud nyata. Tetaplah berpikiran positif supaya tetap fokus dan optimistis.


2. Jangan merasa cemas

Saat dilanda cemas, pikiran negatif yang muncul dalam benak akan mengacaukan pikiran. Usahakan untuk mencoba mengalihkan perhatian dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan, seperti mendengarkan musik favorit, berlibur, membaca buku, memasak, atau menyalurkan hobi lainnya.


3. Jangan nethink (negative thinking)

Terkadang pikiran kita bias oleh pengalaman negatif masa lalu. Kita tidak perlu mengingat-ingat kembali pengalaman masa lalu yang negatif dan membuat mental down. Supaya kita bisa tetap berpikiran positif dan terhindar dari cemas.


4. Bangkit dan bergerak maju Jangan biarkan kecemasan menguasai diri Anda. Alihkan dengan melakukan tugas atau aktivitas lain. Dengan begitu, Anda diharapkan memperoleh perspektif yang berbeda dan bertindak lebih bijak.


Meditasi merupakan proses mengosongkan pikiran dengan memfokuskan pada sesuatu yang spesifik, tempat, kalimat, warna, dan sebagainya. Mulailah dengan duduk (berlutut atau berbaring) dengan posisi yang nyaman dan pusatkan pikiran (bisa sambil berdoa) sambil membayangkan hal spesifik yang telah ditentukan. Mungkin akan butuh waktu lebih dari sepuluh menit untuk benar-benar mengosongkan pikiran Anda.

Demikian informasi cara menenangkan pikiran agar jauh dari stress. Semoga dapat membantu Anda untuk mengatasi pikiran yang memicu stress.


Dengan mengikuti langkah-langkah diatas anda akan merasakan manfaat lebih baik dari sebelumnya pada saat pikiran menumpuk beban. Semangat dan semoga stress Anda cepat terselesaikan.

Penulis : Stella Bella

Sumber : Cara Menenangkan Pikiran agar Jauh dari Stres. (2020). https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190705125244-255-409408/7-cara-menenangkan-pikiran-agar-jauh-dari-stres

1 view0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page