top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

BERBAGAI KASUS KEKERASAN TERHADAP ART


Sumber Foto : Google

Jakarta – Menjadi seorang ART bukanlah pekerjaan yang mudah. Apalagi jika kita memilih untuk menjadi seorang TKW migran. Pada tahun 2018 Indinesia berada di peringkat ke dua sebagai pengirim TKW terbesar namun, sangat disayangkan kebijakan yang mengatur perlindungan untuk pekerja migran masih sangat kurang.


Masih banyak kasus – kasus kekerasan yang temui terhadap TKW dan ART. Berikut merupakan beberapa kasus yang pernah terjadi kepada ART dan TKW:


1. Kematian, pada tahun 2011 lalu sepasang suami istri asal Malaysia menghukum dengan sengaja membuat ART mereka mati kelaparan. Tidak hanya di Malaysia, pekerja rumah tangga di Kamboja mati kelaparan pada tahun 2012 lalu. Sayangnya, tidak ada hukuman yang setimpal dengan perbuatan keji yang telah dilakukan.


2. Penganiayaan, kasus seperti sering kita dengar di televisi ataupun media lainnya. Tidak hanya di terjadi di luar negeri. ART di Indonesia juga pernah merasakan hal ini. Namun tetap saja karena adanya ancaman dan ketakutan yang mendalam tidak ada hukum atau aduan yang mengenai kasus – kasus seperti ini.


3. Menggunakan senjata dan alat berbahaya, pada tahun 2018 lalu, terdapat kasus TKW dengan beberapa luka sayatan, tusukan pada mata, kaki, dan organ dalam lainnya akibat senjata tajam.


4. Disiram air panas, pada tahun 2016, Indonesia kembali digegerkan karena warganya telah disiram air panas ketika bekerja bersama pasangan di Singapura. Pasangan tersebut menyiram air panas kepada pekerja rumah tangganya. Tidak hanya itu ART tersebut juga tidak gaji dan tidak diberi makan.


5. Dipaksa untuk tidur bersama hewan, kembali kepada tahun 2018 lalu, pekerja asal Indonesia dipaksa oleh majikannya untuk tidur bersama dengan anjing. Pekerja asal Indonesia akhirnya meninggal karena mengalami kekerasan lebih dari satu bulan.


Masih banyak beberapa kasus lainnya yang menimpa pekerja pekerja asal Indonesia yang bekerja luar negeri maupun dalam negeri. Kurangnya perlindungan dan pengawasan inilah yang mengakibatkan kekerasan terhadap ART atau TKW terjadi. Itulah sebabnya sebagai warga negara Indonesia kita perlu bersama – sama belajar untuk menjaga satu sama lain. Menghargai dan saling membantu untuk tetap mempertahankan kehidupan yang layak untuk para wanita Indonesia.



Penulis : Gita Natasha

Sumber : Disiksa dan Dibunuh: Berikut Kasus-Kasus Kekerasan TKW Terburuk. Mata Mata Politik. (2019). Retrieved 23 July 2020, from https://www.matamatapolitik.com/in-depth-disiksa-dan-kelaparan-berikut-kasus-kasus-kekerasan-art-terburuk/.

0 views0 comments

コメント


Post: Blog2_Post
bottom of page