top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

BEGINI TOH CARA GEN Z DAN Y MENGHILANGKAN BEBAN PIKIRAN, APAKAH ADA CARA MU DISINI?


Sumber Foto : Pexels – Elijah O’Donnel

Jakarta – Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh APA, menyatakan bahwa dari 3500 narasumber yang berasal dari usia 18 tahun keatas dan 300 narasumber dengan usia 15 hingga 17 tahun mendapatkan hasil bahwa sebanyak 91% Gen Z memiliki gejala – gejala emosional dan fisik yang berkaitan dengan depresi dan gangguan kecemasan.


Faktor depresi atau stres yang dialami oleh Gen Z dan Y tidak hanya disebabkan oleh berbagai kesibukan yang mereka lakukan, seperti sekolah, kuliah, atau bahkan bekerja, namun terdapat banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Contohnya dari faktor lingkungan (keluarga, pertemanan) atau bisa juga dari faktor biologis, kesulitan dalam mengambil keputusan, bingung dalam memecahkan masalah ataupun lainnya.


Akan tetapi, kini penyebab banyaknya beban pikiran yang dialami oleh para Gen Z dan Y juga dapat berasal dari media sosial, terlalu banyak melihat idola idola mereka yang memiliki kehidupan yang terlihat sukses atau juga dapat karena adanya insecurity karena telah membandingkan kehidupannya nya dengan orang lain yang mereka lihat di media sosial.


Namun, para Gen Z dan Y juga memiliki cara ampuh tersendiri untuk menghilangkan beban pikiran mereka, yuk coba di cek apakah cara menghilangkan beban pikiranmu ada di bawah ini?


1. Berlibur, biasanya para Gen Z dan Y suka menyediakan waktu untuk mereka pergi berlibur bersama dengan sahabat – sahabatnya. Tidak hanya untuk menjauhkan diri dari kesibukan kegiatan sehari – hari, pergi berlibur juga dapat membuat dirimu kembali fresh dan dapat mencari solusi dari masalah yang kamu hadapi bersama sahabat – sahabatmu!


2. Curhat, ini juga cara ampuh kedua yang biasnya Gen Z dan Gen Y lakukan. Biasanya kegiatan ini mereka lakukan ketika mereka bingung untuk menemukan solusi yang tepat. Tidak hanya kepada sahabat, masih banyak kok Gen Z dan Y yang curhat kepada keluarganya, seperti orang tua, kakak atau bahkan saudara lainnya.

3. “Me Time” siapa sih yang ga pernah punya “me time”? Pasti semua Gen Z dan Y sering melakukan hal ini. Biasanya para remaja perempuan sering berpergian sendiri untuk menghilangkan penat dari kesibukan kesehariannya. Mulai dari kesalon, berbelanja, nonton atau bahkan hanya tidur sepanjang hari. Jadi apa yang kamu lakukan ketika “me time” ?

Itu dia tiga hal yang biasanya Gen Z dan Y lakukan ketika memiliki beban pikiran. Kamu juga dapat mencoba hal tersebut loh siapa tau bisa manjur untuk menghilangkan beban pikiranmu yang saat ini seperti benang kusut!



Penulis : Gita Natasha

Sumber :

Fujiazma, S. (2019). 5 Cara Ampuh Melepaskan Beban Pikiran yang Membelenggu, Catat!. IDN TIMES. Retrieved 17 July 2020, from https://www.idntimes.com/life/inspiration/sucy-fujiazma/5-cara-ampuh-melepaskan-beban-pikiran-yang-membelenggu-catat-c1c2/5.

Kirana Haryadi, S. (2019). DARURAT KESEHATAN MENTAL GENERASI Z. Muda Kompas. Retrieved 17 July 2020, from https://muda.kompas.id/baca/2019/04/12/darurat-kesehatan-mental-generasi-z/.

0 views0 comments

Comentarios


Post: Blog2_Post
bottom of page