top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

Bahaya! Kekerasan di Tangerang Meningkat?!


Sumber : Pinterest – Alquimia

Jakarta - Kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak di Wilayah Jakarta memang sudah banyak terjadi, tetapi tidak hanya di Jakarta saja loh! di Kota Tangerang pun saat ini kekerasan terhadap perempuan dan anak semakin meningkat di masa pandemi Covid-19.

Menurut Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak Kota Tangerang yaitu Irna Rudiana, ia berkata "Di masa pandemi ada peningkatan dari sisi pengaduan, tapi peningkatan signifikan naik banget ya enggak juga,". Penyebab utama terjadinya peningkatan tidak lain karena aktivitas bekerja yang biasanya dikerjakan di luar rumah kini harus di dalam rumah. Begitu juga aktivitas sosial lainnya seperti anak sekolah, atau suami yang bekerja di kantor.

Irna berkata “Di masa Covid-19 memang banyak orang yang di rumah, dan agak berat juga menjaga hubungan sosial, jadi psikologisnya harus dikuatkan," Irna berkata bahwa terhitung sejak Maret lalu, sudah ada 29 laporan kasus kekerasan di Kota Tangerang dengan kasus tertinggi berada di bulan Juni sebanyak 10 kekerasan terhadap perempuan dana anak. Dari jumlah kasus tersebut, terdapat 10 kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dengan korban perempuan, kasus kekerasan terhadap anak laki-laki 9 kasus dan kekerasan terhadap anak perempuan 10 kasus.

Kasus kekerasan di masa pandemi didominasi oleh kasus kekerasan terhadap anak. Sedangkan rangkuman data dari awal Januari sebelum terjadinya pandemi terdapat 55 kasus kekerasan 20 diantarnaya KDRT, 24 kekerasan terhadap anak perempuan dan 11 kekerasan terhadap anak laki-laki. Dari total kasus tersebut, jenis kekerasan terhadap anak yang dominan adalah kekerasan fisik 7 kasus dan kekerasan seksual anak 20 kasus.

Wah bisa dilihat ya tidak hanya di wilayah Jakarta saja, tetapi seperti di kota Tangerang pun justru kekerasan terhadap perempuan dan anak malahan meningkat, serem banget ya! Semoga yang berkewajiban melindungi para perempuan dan anak di wilayah nya masing – masing menjaga dengan benar – benar agar dapat menghindari hal – hal yang tidak diinginkan nantinya.

Penulis : Cut Zahra

Sumber : Media, K. (2020). Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kota Tangerang Meningkat Selama Pandemi. from https://megapolitan.kompas.com/read/2020/08/05/17022151/kekerasan-terhadap-perempuan-dan-anak-di-kota-tangerang-meningkat-selama

0 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page