top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

BAGAIMANA CARA MENINGKATKAN HUBUNGAN KELUARGA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL


Sumber Foto : Unsplash – Ann Danilina

Keluarga merupakan lingkungan terkecil yang sungguh berarti. Tidak ada yang dapat mengalahkan cinta yang terdapat dalam sebuah keluarga. Keluarga adalah tempat dimana kita dapat membangun jati diri kita yang sesungguhnya. Dimana diajarkan cinta kasih, saling peduli. Namun, tidak jarang interaksi dengan keluarga dipenuhi dengan kesalahpahaman, pertengkaran, kebencian dan luapan yang membara. Mereka yang seharusnya dapat kita kenal kenal lebih baik justru malah sebaliknya, terasa seperti musuh bahkan orang asing.


Keluarga merupakan tempat kenagan emosional pertama dan terkuat yang kita buat. Oleh sebab itu disinilah mengapa Kecerdasan Emosional (EQ) berhasil ketika keharmonisan dalam keluarga gagal. Dimana terdapat kemampuan untuk sadar, menerima dan berempati dengan diri sendiri dan orang lain. Kecerdasan emosional sangat kuat dalam keluarga untuk mengendalikan hubungan anda dengan orang tua dan anak, saudara kandung bahkan hingga keluarga besar.


Apa itu Kecerdasan Emosional?

Kecerdasan Emosional adalah bagaimana anda mengekspresikan emosi dan mengatasinya dengan cara yang positif bahkan di situasi yang penuh tekanan. Seseorang memiliki EQ tinggi dapat berkomunikasi secara efektif, berempatim mengatasi kesulitan dan meredakan konflik (HeloSehat, 2020).


Berikut merupakan dasar – dasar kecerdasan emosional dalam keluarga:

1. Perhatikan diri anda terlebih dahulu, Keluarga adalah sistem yang terdiri dari induvidu-individu yang saling bergantung. Jika anda ingin memperhatikan Kesehatan keluarga anda, anda perlu memperhatikan Kesehatan diri anda terlebih dahulu. Harapan terbaik anda untuk memperbaiki masalah keluarga anda adalah dengan bertanggung jawab atas Kesehatan emosional anda terlebih dahulu. Jika anda dapat menunjukan Kesehatan emosional anda yang positif, seluruh keluarga anda akan dengan cepat mengikuti petunjuk anda.


2. Ingatlah bahwa konsistensi membangun kepercayaan, penelitian telah menunjukkan bahwa kurangnya konsistensi menghancurkan kepercayaan. Kesadaran emosional yang tiba-tiba akan menyebabkan orang-orang yang mencintai dan bergantung pada anda, terutama anak-anak, menjadi bingung dan ketakutan. Itulah mengapa sangat penting untuk menjaga kesadaran anda aktif bersama keluarga.


3. Hargai setiap tahap kehidupan di setiap anggota keluarga, cara terbaik untuk menerima kenyataan secara emosional adalah dengan merangkul dan menghargai setiap perubaham yang terjadi didalam keluarga.

Penulis : Gita Natasha

Sumber :

Segal, J. (2020). Improving Family Relationships with Emotional Intelligence. HelpGuide. from https://www.helpguide.org/articles/mental-health/improving-family-relationships-with-emotional-intelligence.htm.

Aprilia Samiadi, L. (2020). 6 Cara untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional (EQ). HelloSehat. from https://hellosehat.com/hidup-sehat/psikologi/meningkatkan-eq-kecerdasan-emosional/.

0 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page