top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

BAGAIMANA CARA MENGHILANGKANKAN TRAUMA DI MASA LALU?


Sumber : Pexels.com – Gratisography

Jakarta – Setiap orang pasti memiliki trauma masalalu, yang mungkin baginya itu adalah hal terburuk dan selalu terngiang ngiang dipikiran dengan tiba-tba saja. Bagi orang yang pernah mengalami trauma entah itu berlangsung lama atau hanya bertahan sebentar saja, yang pasti trauma sangat membekas dalam ingatan. Bahkan sampai saat membuat Anda terbayang-bayang dengan ketakutan akibat trauma masa lalu. Memiliki trauma masa lalu bisa membuat seseorang tertekan bahkan stres karena masih terbayang-bayang akan hal tersebut.

Kebanyakan orang susah melepaskan diri dari trauma masa lalu karena tidak tahu cara memulainya. Rasa trauma hingga kini. Baik dalam kehidupan masa kecil, pekerjaan, asmara, dan lainnya. Rasa trauma memang merupakan hal yang wajar, namun jika dibiarkan begitu saja akan membuat terus berkembang dan menciptakan rasa depresi di dalam diri anda. Lalu bagimanakah cara menghilangkan trauma dimasalalu ?

1. Selalu Berpikir Positif

Banyak kasus dimana trauma di masa lalu menjadi penyebab stress dan depresi yang dirasakan. Sehingga anda harus mencoba untuk berpikir positif untuk menghilangkan rasa trauma tersebut. Jika anda terus mengisi pikiran anda dengan pikiran pikiran negatif, maka akan membuat segala sesuatunya terjadinya menjadi lebih buruk. Sehingga jika anda berniat menghilangkan trauma, cobalah untuk mengubah pola pikir anda ke hal hal yang positif.


2. Berpikir Jika Semua Sudah Berlalu

Cobalah untuk menganggap jika semua kenangan buruk yang anda alami adalah masa lalu yang sudah berlalu. Jangan membuatnya menjadi sesuatu yang terus membayangi anda hingga masa kini.


3. Fokus Pada Hal Hal Yang Menyenangkan

Cara lainnya yang bisa anda lakukan adalah dengan fokus pada hal-hal yang menyenangkan. Daripada terus memikirkan kenangan yang buruk, lebih baik anda hanya memikirkan hal hal yang hanya membuat anda senang saja.


4. Memaafkan

Memaafkan adalah bagian yang cukup vital dalam mengatasi trauma. Memaafkan bukan berarti melupakan. Mulailah untuk memaafkan penyebab yang membuat pengalaman Anda begitu traumatis.


5. Fokus terhadap diri sendiri dan sekitar Anda

Sayangi diri Anda dan orang sekitar Anda. Mulailah untuk mencari kegiatan yang produktif untuk Anda. Selain baik untuk kesehatan dan pengembangan diri, aktivitas tertentu bisa membuat Anda tidak begitu teringat pada trauma di masa lalu.


6. Melakukan Terapi

Cara lainnya yang bisa anda lakukan adalah dengan membutuhkan bantuan dokter atau psikiater. Banyak orang orang yang menghilangkan rasa trauma nya dengan melakukan terapi gelombang otak yang nantinya akan membantu pikiran bawah sadar untuk memogram pikiran agar menghilangkan rasa trauma tersebut.


Semoga tips ini bisa membantu anda untuk mengatasi setiap trauma yang anda rasakan. Trauma bukan hal untuk dikenang, karena itu anda sangat berharga lebih dari trauma. Jadi anda harus bangkita dan melawan trauma dengan tiap diatas, semoga dapat bermanfaat ya girls.






Penulis : Stella Bella

Sumber : Jennyfer, P. (2020). Apa Yang Harus Dilakukan Saat Mempunyai Trauma Di Masa Lalu?. https://hellosehat.com/hidup-sehat/psikologi/menghilangkan-trauma-masa-lalu/. (2020). Retrieved 20 July 2020, from https://dosenpsikologi.com/menghilangkan-trauma-masa-lalu.

1 view0 comments

Comentarios


Post: Blog2_Post
bottom of page