top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

Bagaimana Cara Mencegah dan Mengakhiri Kekerasan Terhadap Perempuan?


Sumber : Pexels.com – David Garrison

Jakarta – Ancaman kekerasan terhadap perempuan dapat terjadi dimana saja dan kapan saja. Bahkan kasus kekerasan terhadap perempuan di Indonesia terbilang naik dari tahun ketahun. Menurut Catatan Tahunan Kekerasan Terhadap Perempuan (CATAHU) tahun 2020, Dalam kurun waktu 12 tahun, kekerasan terhadap perempuan meningkat sebanyak 792% (hampir 800%) artinya kekerasan terhadap perempuan di Indonesia selama 12 tahun meningkat hampir 8 kali lipat. Yang dapat diartikan bahwa dalam situasi yang sebenarnya, kondisi perempuan Indonesia jauh mengalami kehidupan yang tidak aman.

Tercatat 431.471 kasus kekerasan terhadap perempuan sampai dengan tahun 2020. Agar kasus kekerasan taidak terus-menerus menimpa perempuan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Beberapa tips berikut ini bisa membantu menghindari dan mencegah kekerasan pada perempuan.



1. Pahami bentuk kekerasan.

Pertama kali yang harus dilakukan adalah memahami segala bentuk kekerasan yang dapat terjadi. Baik perempuan ataupun laki-laki, mengetahui bentuk kekerasan itu agar dapat mengetahui batasan-batasan saat berperilaku di tengah masyarakat. "Pahami berbagai bentuk kekerasan. Itu bisa diartikan sebagai segala sesuatu yang membuat perempuan tidak nyaman," dikutip dari Psikolog Mira Amir – pada CNNIndonesia.com.

2. Pahami hubungan yang sehat Sebagian besar kekerasan terhadap perempuan terjadi pada ranah personal/privat. Artinya, pelaku adalah orang yang memiliki hubungan darah, kekerabatan, perkawinan, maupun relasi intim seperti pacar. Hubungan yang sehat merupakan hubungan yang saling menghargai dan menghormati, Memahami bentuk hubungan yang sehat pada keluarga dan kekasih merupakan kunci terhindar dari kekerasan. Jika mulai menunjukkan tanda-tanda yang tidak wajar, tingkatkan kewaspadaan atau segera cari pertolongan.

3. Hindari lokasi berbahaya

Menghindari lokasi yang berbahaya seperti tempat yang sepi dan rawan kejahatan juga bisa menurunkan risiko kekerasan pada perempuan. Hindari pula pulang larut malam karena semakin meningkatkan risiko kejahatan. 4. Waspada pada perubahan

Orang terdekat kerap menjadi pelaku kekerasan terhadap perempuan. Oleh karena itu, waspadalah pada perubahan gelagat dan sikap-sikap yang mencurigakan. Jika sedang berada di tempat umum, selalu amati kondisi di sekitar Anda dan tetaplah waspada. 5. Pribadi yang kuat

Membentuk pribadi yang kuat dan sehat merupakan salah satu cara agar terhindar dari kekerasan. Mira mengatakan, orang tua dan guru memiliki peranan penting untuk mendidik serta mengedukasi anak perempuan dan laki-laki agar tidak terjerumus pada kekerasan baik sebagai pelaku atau korban. Dengan memahami bentuk kekerasan ini, seseorang dapat lebih waspada dan mengetahui segala bentuk ancaman yang bakal menimpanya. Semoga bermanaat ya girls.











Penulis : Stella Bella

2 views0 comments

Commentaires


Post: Blog2_Post
bottom of page