top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

BAD MOOD? INI DIA MOOD BOOSTER YANG AMPUH!


Sumber : Pinterest – PrintableBubble

Jakarta – Ladies! Tentunya kamu punya hal – hal tertentu yang bikin mood kamu jadi jelek ya. Kita tidak tahu kapan saja mood kita akan berubah – ubah atau tidak bagus. Tenang saja, ada beberapa makanan yang pas banget untuk naikin Mood Booster kamu. Apakah kamu belum tahu apa itu Mood Booster? Singkatnya Mood booster ini dapat mengacu pada tindakan, instrumen, maupun aktivitas yang dapat membantu Anda melawan depresi, kecemasan, dan juga stress loh. Nah salah satu nya makanan – makanan yang akan menaikan mood kamu lagi. Selain membuat mood kamu bagus lagi, makanan ini juga merupakan makanan – makanan yang sehat. Mari kita lihat daftar apa saja yang bisa kamu temukan.

1. Cokelat

Popularitas cokelat sebagai makanan untuk mood booster sepertinya sudah tidak kita diragukan lagi. Cokelat memang salah satu cara menaikan mood kamu yang paling ampuh loh!

Cokelat terbukti dapat memicu otak untuk melepaskan endorfin dan meningkatkan kadar serotonin. Keduanya merupakan neurotransmitter yang berperan dalam meningkatkan suasana hati. Penelitian juga menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi cokelat menghasilkan hormon stres yang lebih sedikit dan tingkat kecemasannya juga menurun. Tetapi hindari konsumsi produk cokelat yang terlalu banyak mengandung pemanis. Karena tidak bagus juga untuk tubuh.

2. Yogurt

Yogurt adalah produk fermentasi dari susu yang kaya akan probiotik.

Probiotik membantu menjaga bakteri usus agar tetap terkontrol dan pencernaan tetap terjaga. Ternyata kondisi ini dapat terkait dengan suasana hati. Penelitian menunjukkan hubungan antara bakteri usus yang seimbang dengan suasana hati yang lebih baik, stress dan kecemasan yang menurun, dan risiko depresi yang lebih rendah.

3. Oat

Oat adalah salah satu makanan untuk meningkatkan mood yang bisa kamu andalkan. Kamu bisa mencampur nya dengan apa yang kamu suka misalnya seperti susu kental manis.

Oat memiliki kadar indeks glikemik rendah, sehingga dilepaskan secara perlahan sebagai energi ke aliran darah. Hal ini dapat menjaga gula darah dan suasana hati kamu menjadi tetap stabil. Oat juga memiliki kandungan selenium, salah satu mineral yang dipercaya dapat menjadi mood booster.

Penelitian menunjukkan seseorang yang kekurangan selenium mengalami peningkatkan tingkat depresi, lekas marah, cemas, dan juga kelelahan.

4. Kacang Mete

Kacang mete juga dapat menjadi makanan untuk meningkatkan mood kamu loh.

Kacang mete juga memiliki kandungan zinc yang memiliki peran penting dalam mengatur suasana hati. Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan zinc dapat menyebabkan depresi, gangguan memori, dan agresi. Tetapi Ingat, jangan mengkonsumsi kacang berlebihan ya jika kulit kamu sedang berjerawat.

5. Telur

Makanan untuk mood booster yang kaya kandungan zinc lainnya adalah telur.

Telur juga lezat dan mudah diolah menjadi makanan apa saja. Hal ini yang membuat telur banyak dikonsumsi sehari-hari. Kandungan lain dalam telur yang bermanfaat menjadi mood booster adalah vitamin D.

Vitamin D yang banyak terkandung dalam kuning telur dipercaya dapat membantu meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh. Penelitian juga telah membuktikan bahwa kekurangan vitamin D merupakan salah satu faktor risiko depresi pada orang dewasa.

Nah itu dia beberapa makanan sehat yang bisa kamu coba untuk jadi Mood Booster kamu. Selamat mencoba ladies!




Penulis : Cut Zahra


Sumber : 10 Makanan Mood Booster yang Sehat dan Enak - DokterSehat. (2020). from https://doktersehat.com/makanan-untuk-mood-booster/

1 view0 comments

댓글


Post: Blog2_Post
bottom of page