top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

AWAS! BANYAK PSIKOPAT YANG TIDAK KITA SADARI!


Sumber : Pexels – Vijay Putra

Jakarta – Mungkin kamu tidak asing dengan istilah kata “psikopat”. Psikopat adalah individu dengan sifat yang sering menggunakan kepribadian palsu untuk berinteraksi dengan orang lain. Mereka kerap digambarkan sebagai pembunuh berdarah dingin, pelaku pemerkosaan keji, atau karakter jahat sekali atau gemar menyiksa orang yang tak bersalah.

Dalam ilmu kedokteran psikopat adalah suatu gangguan kepribadian yang ditandai dengan sikap tidak sensitif, kasar, manipulatif, mencari sensasi dan antisosial. Psikopat merupakan salah satu kelainan psikis yang mengerikan. Psikopat termasuk bagian dari gangguan kepribadian yang dapat ditandai dengan perilaku antisosial, impulsif, tidak mengikuti atau mengabaikan norma di dalam masyarakat, serta tidak memiliki perasan takut ataupun bersalah.


Stereotip di masyarakat psikopat adalah seorang pembunuh yang antisosial, senang menyendiri, dan tidak mampu menjalin hubungan sosial dengan orang lain. Banyak macam – macam psikopat yang sebenarnya bisa kita temui. Beberapa psikopat ada yang dapat terlihat normal dan bahkan memiliki kehidupan yang sukses. Namun, mereka cenderung akan melakukan manipulasi atau melakukan berbagai perilaku yang tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Tanpa disadari tidak sedikit juga wanita yang memiliki pasangan yang mungkin memiliki karakter psikopat ini. Kita bisa menilai seseorang apakah mereka kira – kira memiliki kecendrungan menjadi psikopat atau pun tidak. 


Di Amerika Serikat, ada perangkat resmi untuk diagnosa kondisi mental seseorang tercantum dalam Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders, Fifth Edition (DSM-5). Alat ini berguna untuk mendiagnosis apakah kamu seseorang psikopat adalah dengan melakukan serangkaian tes. Salah satunya adalah The Hare Psychopathy Checklist yang pada mulanya digunakan untuk mengetahui kondisi mental seseorang yang melakukan kriminal atau kecenderungan psikopat.


Tetapi di dalam kehidupan sehari-hari kita sangat sulit dan tidaklah mudah untuk menilai seseorang psikopat atau bukan. Seorang psikopat adalah seseorang yang bisa saja tampak pandai, rajin, menarik dan memiliki emosi baik. Seorang psikopat cenderung memiliki hati yang "dingin" dan memikirkan matang-matang apa yang akan ia lakukan.


Wah seram juga kalau kamu dekat dengan seorang psikopat, kamu harus berhati – hati jika menghadapi hal ini. Tidak perlu panik, kamu harus setenang mungkin jika memang berada didekat orang yang psikopat, cari bantuan sebisa mungkin atau hindari orang tersebut sebisa mungkin agar mencegah hal – hal yang tidak diinginkan. 









Sumber : 

Psikopat Adalah Gangguan Kepribadian, Ini Ciri-cirinya yang Harus Kamu Ketahui. (2020). from https://www.liputan6.com/health/read/3870488/psikopat-adalah-gangguan-kepribadian-ini-ciri-cirinya-yang-harus-kamu-ketahui

0 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page