top of page
Search
  • Writer's pictureWomen In Power

APLIKASI “JAKARTA AMAN” SEBAGAI SOLUSI KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DAN ANAK


Sumber Foto : Tempo.co

Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah meluncurkan aplikasi digital bernama Jakarta Aman. Aplikasi ini merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah Provinsi DKI dengan PT Indonesia Lebih Aman.


Aplikasi Jakarta Aman bertujuan untuk mencegah dan mengurangi kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Jakarta. Gubernur DKI Jakarta juga berharap bahwa dengan adanya Jakarta Aman di Ibu Kota dapat membantu masyarakat untuk saling menjaga satu sama lain dari tindakan kekerasan terhadap perempuan dan anak.


"Jakarta harus menjadi kota yang aman bagi semua, sehingga perlu sistem yang menjamin keamanan warga yang dibangun sesuai abad 21. Untuk itu kita hadirkan aplikasi Jakarta Aman," ujar Anies, saat melakukan peluncuran aplikasi Jakarta Aman di Balai Kota DKI Jakarta.


"Kami perlu memperluas ini ke seluruh masyarakat. Bayangkan, Ibu kita, anak kita, itu saudara kita (jadi korban). Ini soal tanggung jawab kemanusiaan,” ucap Anies Baswedan.


Sistem aplikasi Jakarta Aman juga dirumuskan oleh Polda Metro Jaya yang sesuai dengan Standar Opersional Procedure (SOP) dalam mencegah dan menangani kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.


Hal tersebut dapat membantu pelaporan yang masuk untuk langsung terhubung dengan Pola Metro Jaya.


Sampai saat ini, aplikasi Jakarta Aman sudah dapat didownload di Play Store dan App Store. Dengan dipenuhi fitur seperti tombol darurat untuk mendapatkan bantuan, forum komunitas aman, siskamling digital, laporan insiden, daftar nomor telepon penting serta fitur keluarga aman untuk melacak posisi anggota keluarga.


Saat ini aplikasi tersebut sudah di unduh oleh kurang lebih 10.000 orang. Akan tetapi perlu ditingkatkan kembali karena masih banyak keluhan yang ada di kolom review pada aplikasi ini.

Penulis : Gita Natasha

Sumber : Makin Nyaman Dengan Aplikasi Jakarta Aman. Tempo.co. (2019). Retrieved 27 July 2020, from https://nasional.tempo.co/read/1264440/makin-nyaman-dengan-aplikasi-jakarta-aman/full&view=ok.

0 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page